Setelah 175 Tahun, Ratu Inggris Kembali Menumpangi Kereta Api

Ratu Elizabeth II (metro.co.uk)

Setelah 175 tahun, akhirnya ada keluarga Kerajaan Inggris yang resmi naik kereta dalam perjalanan dinas. Dan kali ini yang menumpangi kereta tak lain Ratu Inggris, Elizabeth II, ia melakukan perjalanan dinas menggunakan kereta dari Slough ke Paddington. Dalam perjalanan bersejarah ini, Sang Ratu yang kini berusia 91 tahun, ikut didampingi Sang Suami, Pangeran Philips (96 tahun). Dalam catatan sejarah, pertama kali anggota kerajaan Inggris menggunakan kereta yakni 175 tahun lalu, yang dilakukan Ratu Victoria pada 13 Juni 1842.

Baca juga: Oriental Desert Express, Sensasi Kereta Mewah Pelintas Padang Pasir

Kereta yang ditumpangi Ratu Elizabeth II bukan lagi kereta kuno, melainkan kereta modern bertenaga listrik yang diberi nama Queen Elizabeth II. Meski berwujud kereta komuter modern, nyatanya Kereta ini hanya lebih cepat 11 menit dari kereta api yang dinaiki Ratu Victoria 175 tahun lalu.

Dilansir KabarPenumpang.com dari metro.co.uk (13/6/2017), pembuat kereta Queen Elizabeth II adalah seorang insinyur terkenal Isambard Kingdom Brunel dari Great Western Railway (GWR) yakni Isambard Thomas. Thomas merupakan cucu dari buyut dari Brunel, sempat duduk disebelah Ratu Elizabeth II dalam perjalanannya menggunakan kereta.

Ratu Elizabeth II (metro.co.uk)

Baca juga: Lokomotif Uap Teranyar Inggris Tembus Kecepatan 161 Km Per Jam

“Saya merasa sangat nyaman, saya tidak merasa canggung. Sungguh menakjubkan betapa menariknya ada seorang Ratu di dalam kereta api ini. Menurut saya perjalanan kereta api adalah cara yang lebih cepat untuk berkeliling, karena menggunakan moda lewat jalan raya sudah terlalu padat untuk sekarang ini. Jelas hal yang berbeda jika Anda adalah raja, Anda tidak duduk di kelas dua, dan antri untuk layanan prasmanan,”ujar Thomas.

Ratu Victoria, pada masa hidupnya adalah penggemar kereta api untuk melakukan perjalanannya. Saat itu Ratu Victoria menulis dalam catatan harian mengenai perjalanannya yang membutuhkan waktu 30 menit ke Paddington dan bergerak tak secepat kereta. “Dengan kereta tidak ada debu dan tidak terkena panas. Sangat menyenangkan dan cepat,” tulis Ratu Victoria dalam catatannya.

Baca juga: Rencana Pengoperasian Kereta Jalur Elizabeth di Inggris, Semuanya Serba Baru Loh!

Saat itu, Ratu Victoria menaiki kereta karena terbujuk rayuan Pangeran Albert, seorang veteran perjalanan kereta api yang terpesona dengan teknologi baru itu. Perjalanannya dimulai pada 13 Juni 1842. Untuk perjalanannya ini, Victoria hanya membutuhkan waktu 19 menit sampai ke Paddington dibandingkan dengan mobil.

Ratu Elizabeth II (metro.co.uk)

Thomas yang juga seorang perancang topografi dari Greenwich mengatakan, Ratu memiliki pengetahuan tentang sejarah kereta api dan tahu jelas tentang buku catatan harian ratu Ratu Victoria tentang perjalananya 175 yang tahun lalu. Sehingga ada alasan yang kuat ia tertarik dengan layanan dari GWR ini.

Baca juga: Java Nacht Express, Layani Jakarta – Surabaya, Inilah Kereta Mewah Pertama di Indonesia