Friday, August 12, 2022
HomeHot NewsSetelah Lama Dinas Kereta Inspeksi 4 Ini Akhirnya Masuk Balai Yasa Manggarai,...

Setelah Lama Dinas Kereta Inspeksi 4 Ini Akhirnya Masuk Balai Yasa Manggarai, Kenapa?

Kereta Inspeksi 4 akhir – akhir ini selalu digunakan untuk perjalanan khusus oleh pejabat kereta api dan orang – orang penting lainnya ke berbagai kota di Pulau Jawa. Apalagi saat perjalanan inspeksi menghadapi Natal dan Tahun Baru 2021 lalu. Dari Jakarta ke Surabaya kereta ini melalukan inspeksi lintas dan lokasi – lokasi tertentu guna pengecekan jalur kereta api. Agar saat dilakukan perjalanan reguler semua dalam kondisi aman dan terkendali.

Baca juga: Rail Bicycle, Mudahkan Petugas Kereta Api Lakukan Inspeksi Pada Jalur Rel

Saat ini Kereta Inspeksi 4 masuk ke Balai Yasa Manggarai bukan untuk pengecekan mesin atau karena kerusakan yang berarti. Dari informasi, kereta ini melakukan pembubutan roda di dalam Balai Yasa. Pembubutan roda ini sangat jarang dilakukan untuk Kereta Inspeksi 4. Karena kereta itu cukup jarang untuk melakukan perjalanan. Hanya dibutuhkan perjalanan khusus atau inspeksi pada hari – hari tertentu saja. Pembubutan roda pada Kereta Inspeksi 4 dilakukan pada pagi hari.

Keberangkatan kereta ini dari Depo Lokomotif Tanah Abang kemudian memasuki jalur 4 Stasiun Tanah Abang. Selanjutnya diberangkatkan dari Stasiun Tanah Abang pada pukul 09.00 WIB menuju Stasiun Manggarai. Setiba di Manggarai sekitar pukul 09.18 WIB rangkaian Kereta Inspeksi 4 langsir menuju Balai Yasa Manggarai untuk memasuki ruang bubut roda.

Baca juga: Ridwan Kamil Naik Kereta Inspeksi Tinjau Stasiun Garut

Roda Kereta Inspeksi 4 yang dilakukan pembubutan setidaknya membutuhkan sekitar 45 menit setiap rodanya. Pembubutan roda dilakukan saat atau mencegah keausan roda yang mengakibatkan roda agak benjol dan menimbulkan suara pada roda. Jadi pembubutan roda harus dilakukan sesegera mungkin agar tidak ada hal yang diinginkan terjadi. Hingga saat ini belum ada informasi kapan Kereta Inspeksi 4 ini selesai untuk bubut roda dan kembali pulang ke Depo Lokomotif Tanah Abang. (PRAS – Cinta Kereta Api)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru