Thursday, June 13, 2024
HomeDomestikSetelah Pesawat Lepas Landas, Inilah Ketentuan Proses Penarikan Roda Pendarat

Setelah Pesawat Lepas Landas, Inilah Ketentuan Proses Penarikan Roda Pendarat

Tak berapa lama setelah lepas landas, maka suara bergemuruh muncul dari bawah badan pesawat, meski kadang terdengar ‘menakutkan,’ tapi itulah proses penarikan roda pendaratan. Pada umumnya, pesawat menarik roda pendaratannya setelah mencapai ketinggian yang aman dan sesuai dengan prosedur penerbangan yang telah ditentukan. Nah, bagaimana prosedur tersebut dilakukan dan pada ketinggian berapa penarikan roda pendarat dilakukan?

Baca juga: Roda Pendarat Pesawat Tidak Mau Keluar Jelang Landing, Inilah Potensi Penyebabnya 

Ketinggian yang aman dalam penerbangan disebut “safe altitude” atau “minimum safe altitude.” Prosedur ini melibatkan beberapa faktor, termasuk kondisi cuaca, fase penerbangan, dan aturan keselamatan penerbangan.

Disarikan dari forum quora.com, secara umum, pesawat biasanya menarik roda pendaratannya setelah memenuhi beberapa kriteria berikut:

Takeoff Phase (Fase Lepas Landas)
Setelah fase lepas landas dan pesawat mencapai ketinggian yang aman, roda pendaratan akan ditarik ke dalam. Biasanya fase lepas landas berjarak beberapa ratus kaki di atas permukaan tanah. Fase ini mencakup lepas landas dan transisi awal menuju ketinggian jelajah.

Cruising Altitude (Ketinggian Jelajah)
Pada ketinggian penerbangan yang nyaman atau pada fase penerbangan jelajah, roda pendaratan biasanya ditarik masuk untuk mengurangi hambatan aerodinamis dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Ketinggian jelajah bisa berkisar antara ribuan hingga puluhan ribu kaki tergantung pada rute dan tipe pesawat, roda pendaratan biasanya ditarik masuk untuk mengurangi hambatan aerodinamis.

Safe Altitude (Ketinggian Aman)
Pada fase penerbangan awal, roda pendaratan mungkin tetap ditarik masuk sampai pesawat mencapai ketinggian yang dianggap aman dalam skenario darurat atau jika ada kebutuhan khusus lainnya.

Jika terjadi keadaan darurat atau kondisi yang memerlukan roda pendaratan dikeluarkan, pesawat bisa menurunkan ketinggian ke tingkat yang dianggap aman untuk membuka roda pendaratan dan melanjutkan pendaratan darurat.

Baca juga: Roda Pendarat di Bawah Hidung Pesawat Ditarik Kedepan, Ada Kaitan depan Aspek Keamanan

Perlu diingat bahwa prosedur dan kriteria untuk menarik roda pendaratan dapat bervariasi tergantung pada jenis pesawat, penerbangan, dan aturan maskapai atau otoritas penerbangan setempat. Pilot dan kru pesawat selalu mengikuti prosedur yang telah ditentukan untuk memastikan keselamatan penerbangan.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru