Shinkansen Pacu Kecepatan Antara Tokyo ke Sapporo, Namun ‘Terhalang’ Terowongan Seikan

0
Bagian dalam terowongan Seikan (www.railway-technology.com)

Terowongan Seikan merupakan terowongan bawah laut sepanjang 53 km yang mengubungkan Hokkaido dengan Pulau Honshu utama Jepang menjadi penghalang terbesar untuk kereta peluru shinkansen. Pasalnya kecepatan kereta peluru dibatasi hingga 160 km per jam di terowongan, jauh dibawah kecepatan maksimumnya yang lebih dari 300 km per jam.

Baca juga: Seikan, Terowongan Kereta Terpanjang dan Terdalam di Dunia

Padahal kereta peluru Jepang memiliki rencana untuk bereksperimen untuk meningkatkan kecepatan koneksi shinkansen antara Tokyo dan kota utara Sapporo. Tujuannya adalah menyelesaikan perjalanan dalam empat setengah jam yang mereka yakini adalah maksimum dalam meyakinkan pelancong untuk beralih dari pesawat.

Namun untuk melakukan itu, kereta peluru shinkansen harus mengatasi kemacetan kereta pembawa kentang dan bawang. KabarPenumpang.com melansir asia.nikkei.com (3/1/2020), terowongan ini digunakan bersama dengan Hokkaido Railway, operator kereta peluru atau JR Hokkaido dan Japan Freight Railway yang mengangkut kargo dengan kereta api biasa.

Tak hanya itu, kentang, bawang dan produk lainnya yang dibawa oleh Japan Freight melalui Terowongan Seikan menjadi masalah. Apalagi di masa lalu risiko kargo jatuh dari kereta barang membuat kecepatan kereta peluru akhirnya dibatasi.

Terowongan Seikan (www.railway-technology.com)

Namun salah satu jawabannya adalah kereta peluru membawa kargonya sendiri yang akhirnya membuat JR Hokkaido bermitra dengan perusahaan pengiriman Sagawa Express untuk menguji transportasi makanan laut dengan kereta peluru bersama penumpang. Uji coba sendiri akan dimulai awal tahun ini.

Nantinya sebelum memasuki terowongan, JR Hokkaido dan Sagawa berencana untuk memuat cumi-cumi, ikan dan makanan laut lainnya yang ditangkap di dekat Hakodate ke dalam shinkansen menuju Aomori, prefektur paling utara Honshu. Kedua perusahaan mengantisipasi permintaan kuat untuk makanan laut segar, cukup untuk menuntut biaya transportasi yang tinggi.

Produk yang tepat untuk dikirim akan ditentukan kemudian, tetapi kentang dan bawang tidak akan dikirim dengan cara ini, karena tidak ada produsen tanaman akan membayar biaya transportasi yang tinggi. Kelemahan dari rencana ini adalah volume kargo yang besar tidak dapat diangkut.

Oleh karena itu, pendekatan tersebut akan dikombinasikan dengan opsi lain yang sedang diperiksa, termasuk menetapkan slot waktu untuk kereta peluru untuk melakukan perjalanan dengan kecepatan tinggi melalui terowongan. Pengangkutan juga bisa diangkut dengan feri, bukan dengan kereta api.

Perjalanan dari Tokyo ke Stasiun Shin-Hakodate-Hokuto di ujung selatan Hokkaido saat ini memakan waktu sekitar empat jam. Dengan perpanjangan 200 km ke Sapporo, ibukota Hokkaido, yang diharapkan selesai sekitar tahun 2031, tantangannya adalah mewujudkan perjalanan penuh dalam waktu empat setengah jam. Menyelesaikan hambatan di Terowongan Seikan sangat penting bagi shinkansen untuk bersaing dengan maskapai penerbangan.

“Masalah seputar penggunaan bersama Terowongan Seikan tidak dapat diselesaikan hanya oleh dua perusahaan kereta api.Itu tidak bisa diselesaikan melalui pendekatan tunggal,” kata Presiden JR Hokkaido Osamu Shimada.

Sagawa, unit utama SG Holdings, tampaknya mengajukan proyek percontohan ke JR Hokkaido. Kedua belah pihak telah mencapai hasil positif menggunakan jalur kereta api non-shinkansen. JR Hokkaido, Sagawa dan perusahaan lain mulai mengangkut barang dan penumpang bersama-sama berdasarkan uji coba pada bulan April antara kota Wakkanai dan kota Horonobe, keduanya di Hokkaido.

Baca juga: Serba-Serbi Channel Tunnel, Terowongan Rel Terpanjang Kedua di Dunia

Para mitra memuji upaya mereka baru-baru ini dari Kazuyoshi Akaba, menteri transportasi Jepang. Banyak pemangku kepentingan bergantung pada keberhasilan proyek shinkansen. Untuk tahun fiskal 2018, JR Hokkaido mengalami kerugian operasional konsolidasi 41,8 miliar yen ($384 juta). Shinkansen Hokkaido menghasilkan kerugian 9,5 miliar yen tahun itu.

Leave a Reply