“Si Belo Kuda Troya,” Prototipe Kereta Penumpang yang Dijadikan Kafe dan Museum di Madiun

0
Si Belo Kuda Troya. Foto: Solo Pos

Sebagai sentra pembuatan kereta api di Indonesia, PT Industri Kereta Api atau PT INKA, ternyata memiliki sebuah destinasi baru. Yang mana ada sebuah kereta kafe dan museum serta lokasinya di gedung milik PT INKA. Kafe dan museum ini dibuat dari kereta penumpang prototipe pertama PT INKA yang bernama Si Belo Kuda Troya.

Baca juga: Dorong Wisata Pasca Covid-19 , Museum Kereta di York Rilis Poster Bergaya Vintage

Adanya kafe dan museum di gedung bekas direksi PT INKA ini merupakan langkah awal dalam pengembangan pariwisata di wilayah Madiun. Senior Manager PKBL, CSR, dan Stakeholder Relationship PT INKA Bambang Ramadhiarto mengatakan, kereta museum tersebut akan berfungsi sebagai tempat belajar dan juga ada kafe serta restoran.

PT INKA punya kereta kafe dan museum untuk destinasi. Foto: Kompas.com

“Dalam kereta itu juga akan tersedia bioskop atau mini teater yang berisi film dokumneter atau video tentang sejarah perkeretaapian maupun ilmu perkeretaapian,” ujar Bambang yang dikutip KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber.

Kereta kafe dan museum ini dikatakan Bambang, bernama Arum Dalu. Dia mengatakan, konsep seperti ini tujuannya untuk meningkatkan masyarakat terhadap kereta api dan juga mengajak agar mereka bisa mengetahui sejarah perkeretaapian di Indonesia.

Selain itu, nantinya kereta kafe dan museum tersebut akan bersinergi dengan armada bus wisata milik Pemerintah Kota Madiun. Yang mana pelancong akan bisa mengunjungi lokasi itu sebagai destinasi wisata edukasi di Madiun.

“Jadi ini untuk masyarakat umum. Peresmiannya sudah dilakukan oleh Direktur Utama PT INKA (Persero) pada 29 Agustus 2021 sekaligus peringatan HUT INKA ke-40,” kata Bambang.

Namun, saat ini bus wisata belum beroperasi karena ada PPKM. Harga tiket masuk, makanan dan minuman Kafe yang ada di gedung PT INKA yang akan menjual beragam makanan dan minuman ringan. Rencananya, Bambang mengatakan kafe juga akan menyediakan makanan berat dan terkait harganya, mereka belum menentukan, tetapi untuk berkunjung ke museum, pelancong tidak perlu membayar alias gratis.

Baca juga: Museum Kereta Api Bondowoso, Saksi Sejarah Gerbong Maut Pengangkut 100 Pejuang Kemerdekaan

“Jam operasionalnya belum kami tentukan, mungkin dari pagi sampai malam. Tergantung level PPKM. Nanti akan dibicarakan lagi dengan pihak Pemkot Madiun kapan bisa dibuka,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Si Belo Kuda Troya merupakan cukal bakal kereta penumpang produksi dalam negeri yang dibuat perseroan sekitar 1982.