Dorong Wisata Pasca Covid-19 , Museum Kereta di York Rilis Poster Bergaya Vintage

0
National Railway Museum and Science and Society Picture Library/PA Wire

Ingin pergi berlibur tapi masih dalam kuncian karena pandemi virus corona atau Covid-19? Sepertinya untuk secara nyata saat ini belum bisa dilakukan untuk semua orang. Bahkan beberapa taman bermain di beberapa negara pun mengajak pengunjungnya berwisata secara virtual yakni dengan melihat video yang di tampilkan di berbagai lini media sosial.

Baca juga: Museum Kereta Api Bondowoso, Saksi Sejarah Gerbong Maut Pengangkut 100 Pejuang Kemerdekaan

Namun ternyata tak hanya itu, Museum Kereta Api Nasional York atau York’s National Railway Museum (NRM) di York, Inggris justru membagikan sepuluh gambar poster yang mempromosikan tujuan-tujuan indah termasuk Cornwall, pantai Yorkshire dan Irlandia Utara. Serangkaian poster dengan tema vintage bahkan di desain dengan slogan yang mendorong pelancong untuk menahan diri dari mengunjungi tempat wisata sampai Covid-19 benar-benar lenyap.

National Railway Museum and Science and Society Picture Library/PA Wire

KabarPenumpang.com melansir laman independent.co.uk (8/5/2020), rangkaian poster vintage ini awalnya dibuat hanya untuk mendorong masyarakat melakukan perjalanan ke lokasi-lokasi tersebut menggunakan kereta api. Sayangnya ketika pandemi terjadi, akhirnya pihak museum mendesain ulang poster dengan tambahan slogan seperti “Kunjungi saat semua ini berakhir”, “Tidak berenang hari ini” dan “Suatu hari segera, tetapi tidak hari ini”.

“Pada saat pembatasan perjalanan yang meluas, kami berharap bahwa menciptakan kembali pilihan poster perjalanan paling populer akan memungkinkan orang untuk menikmati beberapa tujuan liburan favorit mereka sambil merayakan gaya dan keunikan dari karya seni ini,” kata Judith McNicol, direktur NRM.

National Railway Museum and Science and Society Picture Library/PA Wire

McNicol mengatakan, ini juga merupakan cara mereka untuk menunjukkan dukungan kepada para pekerja utama bangsa termasuk lebih dari 115 ribu pekerja kereta api yang terus menjaga (infrastruktur) semuanya selama masa pandemi ini. Dia menambahkan bahwa sementara orang tidak dapat mengunjungi lokasi-lokasi indah di akhir pekan libur kali ini.

“Kami berharap, poster-poster yang ditata ulang ini dapat mengangkat senyum dan memberi orang sesuatu untuk dinanti-nantikan ketika lockdown dibuka,” tambah McNicol.

Baca juga: “1940s Weekend Railway at War,” Cara Edukasi dan Nostalgia Sejarah Kereta ala Britania Raya

Saat ini, industri perkeretaapian menyatakan yang boleh bepergian hanya para pekerja atau hanya pada orang yang berkebutuhan penting. Selain itu, juga harus tetap menjaga jarak sosial. NRM sendiri telah ditutup untuk umum sejak 17 Maret 2020 lalu. Diketahui ada 10.700 poster dan karya seni kereta api lainnya berasal dari tahun 1804 hingga hari ini yang menjadi koleksi NRM.

Leave a Reply