Si Jangkung Merah dari Inggris Pernah Jadi Primadona Transportasi Jakarta

0
SI Jangkung Merah

London sedari dulu punya bus tingkat warna merah (Double Decker) dan sudah menjadi ikon yang sangat kuat hingga saat ini. Tapi tahukah Anda bus tingkat warna merah seperti halnya di London juga pernah beroperasi di Jakarta? Ya, bus ini digunakan oleh warga Jakarta sebagai angkutan umum perkotaan.

Baca juga: Routemaster, Si Double Decker Merah Ikon Kota London

Saat di Jakarta, bus tingkat kuno pertama buatan Leyland, Inggris ini menjadi armada Perum PPD (Pengangkutan Penumpang Djakarta). Pertama kali beroperasi di rute 14 yakni Blok M – Salemba – Senen dari tahun 1968 sampai tahun 1982. Bus tingkat tersebut memiliki nama julukan Si Jangkung Merah karena memiliki badan lebih jangkung di antara bus tingkat lainnya.

Si Jangkung Merah memiliki panjang hampir 10 meter dan tingginya 4,5 meter dan mampu mengangkut penumpang 72 orang. Pada era tahun 70-80 an, konon katanya Si Jangkung Merah memiliki peminat yang sangat banyak, salah satunya adalah para pelancong.

SI Jangkung Merah kini di Museum Transportasi TMII

Dulu saat masih beroperasi di sekitaran wilayah ibu kota Jakarta, Si jangkung Merah bernomor polisi B 6629 X. Bus tingkat yang nyentrik dengan warna merahnya  menggunakan bahan bakar solar dan mesin penggerak tipe Titan.

Baca juga: Leyland Atlantean: Nostalgia Bus Tingkat Jakarta Era 80-an

Pada masanya selain bus tingkat Si Jangkung Merah, Indonesia juga memiliki bus tingkat lainnya dan beroperasi di kota-kota besar seperti Surabaya, Semarang, Solo dan Ujung Panjang (Makassar). Tak hanya di Indonesia dan negara pembuatnya di Inggris, bus tingkat juga di gunakan oleh Italia dan beberapa negara Eropa lainnya.

SI Jangkung Merah

Bus tingkat sebenarnya cukup efektif di bandingkan bus biasa, karena dengan model seperti ini, bisa memisahkan penumpang laki-laki dan perempuan dan mencegah pelecehan seksual. Adanya bus tingkat juga bisa menjadi solusi mencegah kemacetan di Jakarta, karena daya tampung satu bus tingkat sama dengan dua bus Metro Mini.

Sayangnya Si Jangkung Merah ini hanya tinggal sejarah dan menjadi koleksi Museum Transportasi yang berada di Taman Mini Indonesia Indah dan digantikan denagn bus lainnya yang lebih baru. Masa kini bus tingkat yang ada di di Jakarta berfungsi sebagai bus wisata untuk menikmati ibu kota. Dengan pengoperasian di laksanakan oleh PT TransJakarta.

Leave a Reply