Simulator LRT Berada di Depo Terbesar di Jakarta

4

Light Rail Transit (LRT) Jakarta, ternyata memiliki simulator masinis kereta di depo Pegangsaan Dua tepatnya di ruang MCC LRT Jakarta. Simulator tersebut ada di depo sejak pembangunan 2018 lalu.

Baca juga: Disorot Publik Akibat Sepi Penumpang, LRT Jakarta Justru Cetak Rekor Pengunjung Tertinggi

General Manager Corporate Secretary LRT Jakarta, Arnold Kindangen mengatakan, simulator tersebut dibuat seperti menjalankan kereta LRT Jakarta yang sesungguhnya.

“Kita buat ini agar masinis-masinis LRT Jakarta bisa latihan seperti mengemudikan kereta asli,” kata Arnold kepada KabarPenumpang.com yang ditemui di depo LRT Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Arnold menjelaskan, adanya simulator tersebut pun karena LRT ingin semua masinis paham dengan jalur asli. Dia menambahkan, pihak PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dan PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta, juga sudah melihat simulator ini.

“KCI dan MRT Jakarta sudah pernah ke sini lihat simulator kita, tapi mereka tidak mencobanya,” tambah Arnold.

Selain simulator, Arnold menjelaskan depo Pegangsaan Dua ini luas dan bisa menampung sebanyak 94 trainset atau sebanyak 188 kereta. Dia mengatakan bahwa depo ini bisa menampung seluruh kereta yang akan di jalankan di Jakarta.

Tak hanya itu, ketika kunjungan wartawan, pihak LRT Jakarta juga mengajak untuk merasakan saat berada di dalam dan kereta di cuci. Pencucian kereta LRT sendiri Arnold mengatakan setiap hari satu kali ketika akan pulang ke depo.

“Kereta kita cuci satu kali sehari saat mereka pulang ke depo. Bagian dalamnya juga kita bersihkan satu hari sekali. Tapi, karena adanya virus Corona yang mulai masuk ke Indonesia setiap perhentian terakhir kita lakukan pembersihan dengan desinfektan. Kalau hari biasa sebelum-sebelumnya hanya dengan cairan sabun biasa,” jelas Arnold.

Baca juga: Dirut: LRT Jakarta Tidak Cuma 5,8 tapi Sudah 420 kilometer!

Diketahui, saat banjir pada yang menggenangi jalanan Kelapa Gading beberapa waktu lalu, membuat penumpang LRT Jakarta meningkat. Arnold mengatakan, peningkatannya dari sekitar empat ribuan menjadi 10 ribuan hingga 13 ribuan lebih penumpang dalam jangka waktu 23 sampai 28 Februari 2020 kemarin.

4 COMMENTS

  1. depo Pegangsaan Dua ini luas dan bisa menampung sebanyak 94 trainset atau sebanyak 188 kereta KCI dan MRT Jakarta sudah pernah ke sini, lihat kita simulator, tetapi mereka tidak bisa memilih General Manager Corporate Secretary LRT Jakarta, Arnold Kindangen mengatakan, simulator ini dibuat seperti menjalankan kereta LRT Jakarta yang sebenarnya

  2. Dengan ini agar masinis-masinis LRT Jakarta bisa latihan seperti mengemudikan kereta asli adanya simulator tersebut pun karena LRT ingin semua masinis paham dengan jalur asli. Pihak PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dan PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta, juga sudah melihat simulator ini.

  3. memiliki simulator masinis kereta di depo Pegangsaan Dua tepatnya di ruang MCC LRT Jakarta. Depo Pegangsaan Dua ini luas dan bisa menampung sebanyak 94 trainset atau sebanyak 188 kereta KCI dan MRT Jakarta sudah pernah ke sini, lihat kita simulator, tetapi mereka tidak bisa memilih General Manager Corporate Secretary LRT Jakarta, Arnold Kindangen mengatakan, simulator ini dibuat seperti menjalankan kereta LRT Jakarta yang sebenarnya

  4. Arnold menjelaskan, adanya simulator tersebut pun karena LRT ingin semua masinis paham dengan jalur asli. Dia menambahkan, pihak PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dan PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta, juga sudah melihat simulator ini.

Leave a Reply