Singapore Airlines Rilis Tarif Baru WiFi Onboard

Ilustrasi WiFi di dalam penerbangan

Ketersediaan akses internet di atas pesawat (WiFi onboard) tak bisa ditawar lagi, bahkan fitur ini sudah menjadi fasilitas standar untuk pesawat di rute internasional. Dan salah satu kendala penggunaan WiFi onboard umumnya pada masalah pengenaan tarif. Karena layanan bersifat premium, maka untuk menjaga kualitas sajian koneksi harus berbayar. Seperti baru-baru ini Singapore Airlines merilis tarif WiFi onboard yang baru.

Baca juga: Manjakan Penumpang, Garuda Indonesia Group Pasang WiFi Onboard di 30 Armada

KabarPenumpang.com melansir laman onemileattime.com (8/8/2019), Singapore Airlines (SIA) baru saja meningkatkan kemampuan WiFi omboard pada penumpang yang bepergian di kelas suite, kelas satu dan bisnisnya. Di kelas suite dan kelas satu, WiFi yang awalnya berkapasitas 100MB ditingkatkan menjadi tidak terbatas alias unlimited.

Penumpang kelas bisnis juga mendapatkan kenaikan kuota yang tadinya 30MB menjadi 100MB. Tak hanya itu, ternyata ada perubahan lain yang dibuat oleh SIA dalam penawaran WiFi onboard mereka.

Beberapa maskapai menetapkan harga WiFi berdasarkan waktu penumpang menggunakan akses (time based), sedangkan pesawat lainnya menggunakan penetapan harga WiFi dari banyaknya data yang digunakan penumpang (volume based).

Selain itu Singapore Airlines  memperkenalkan tarif yang konsisten di semua armada mereka yang dilengkapi WiFi onboard seperti A350, 787, 777-300 dan A380. Beberapa varian harga yakni US$3,99 dalam paket obrolan untuk 30MB, US$9,99 untuk paket pro 100MB.

Paket premium US$15,99 untuk 200MB dan setiap pass berlaku hanya untuk satu penerbangan meski penumpang bisa beralih ke perangkat lain. Bisa dikatakan harga tersebut cukup masuk akal dan tidak lagi membuat bingung, bahkan harga ini pun lebih baik dari yang sebelumnya.

Baca juga: Akibat Temuan BPK Paksa Garuda Indonesia Group Hentikan Layanan WiFi Gratis

Sebelumnya harga paket data SIA A350-900ULR dari Singapura ke Newark yakni US$6 untuk 20MB dan US$16 untuk 80MB. Sedangkan US$28 untuk 200MB.