Friday, May 31, 2024
HomeBandaraSituasi Israel Memburuk, Airbus A350 British Airways BA165 "Flight To Nowhere" London-Tel...

Situasi Israel Memburuk, Airbus A350 British Airways BA165 “Flight To Nowhere” London-Tel Aviv

Penerbangan British Airways BA165 dari Bandara Heathrow London (LHR) ke Bandara Internasional Tel Aviv Ben Gurion (TLV), menjadi sebuah penerbangan yang melelahkan bagi para penumpangnya. Rupanya pesawar Airbus A350 BA165 menjalani apa yang disebut ‘Flight To Nowhere’, setelah terbang empat jam dari Heathrow, dan saat pesawat sudah tiba di ruang udara Israel, tapi nyatanya pesawat diminta terbang kembali ke bandara asal di Inggris.

Baca juga: Jadi Simbol Konflik Israel-Palestina, Inilah Sejarah Panjang Bandara Ben Gurion di Tel Aviv

Dikutip dari Simpleflying, hal tersebut terjadi karena situasi keselamatan di Israel terus memburuk sejak serangan Hamas pada 7 Oktober lalu. Penerbangan British Airways BA165, terbang dari Bandara Heathrow London (LHR) ke Bandara Internasional Tel Aviv Ben Gurion (TLV), dijadwalkan mendarat di Israel pada pukul 15:05 waktu setempat (UTC +3).

Pesawatnya menggunakan jenis Airbus A350-1000, yang terdaftar sebagai G-XWBF. Saat pesawat tersebut mulai mendekati TLV, pesawat tersebut sempat memasuki ruang tunggu di udara, tetapi segera setelah itu, pesawat tersebut berbalik dan kembali ke Heathrow.

Menurut juru bicara British Airways, penerbangan tersebut kembali ke ibu kota Inggris karena masalah keamanan. Perjalanan ke TLV biasanya memakan waktu sekitar empat jam, namun bagi penumpang BA ini, akan menjadi penerbangan yang sangat panjang untuk kembali ke titik awal mereka memulai.

Maskapai ini saat ini menawarkan kepada penumpang opsi untuk mengubah tanggal perjalanan mereka jika mereka akan terbang ke TLV hingga dan termasuk 22 Oktober, secara gratis. Pembaruan dari maskapai penerbangan, pada pukul 14:28 waktu setempat (UTC +1).

Namun, pada pukul 16:02 waktu setempat (UTC +1), maskapai tersebut mengatakan pihaknya menangguhkan penerbangan dari/ke TLV “mengikuti penilaian situasi terkini.” Selain penerbangan BA165, British Airways juga mengoperasikan penerbangan BA167 dari LHR ke TLV. BA165 dan BA167 diterbangkan dengan pesawat berbadan lebar, seperti Airbus A350-1000, Boeing 777, atau Boeing 787. Penerbangan dengan BA167 telah dibatalkan mulai 7 Oktober 2023.

Banyak maskapai penerbangan lain yang membatalkan penerbangan ke TLV karena situasi di Israel menjadi lebih tegang. Daftar tersebut mencakup maskapai penerbangan besar Amerika Serikat, termasuk American Airlines, Delta Air Lines, dan United Airlines.

Baca juga: Bermarkas di Bandara Ben Gurion, Inilah El Al, Maskapai Nasional Israel dengan Awak Kabin Wajib Berdinas Militer

Beberapa diantaranya terus terbang ke ibu kota negara, termasuk maskapai penerbangan utama, El Al. Maskapai penerbangan Israel, bersama Israir dan Arkia, bahkan menambahkan lebih banyak penerbangan untuk memulangkan warga yang dipanggil sebagai pasukan cadangan, serta warga negara Israel yang terjebak di luar negeri.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru