Sofitel Sydney Darling Harbour Gunakan Robot untuk Bantu Pekerjaan Hotel

0
Sofitel Sydney Darling Harbour mengaktifkan robot untuk membantu pekerjaan di hotel (traveller.com.au)

Setelah lama tak berfungsi dengan seharusnya, akhirnya Sofitel Sydney Darling Harbour mengaktifkan robot untuk membantu pekerjaan di hotel mereka. Jerry Schwartz mengatakan, robot yang dimiliki tersebut tidak digunakan sejak hotel dibuka beberapa tahun yang lalu.

Baca juga: Enam Jenis Robot Beroperasi di Stasiun Gateway Takanawa

Kemudian ketika ada pandemi, Schwartz akhirnya menemukan peran yang cocok untuk para robot tersebut. Dilansir KabarPenumpang.com dari traveller.com.au (15/4/2020), Schwartz mengatakan robot-robot itu awalnya untuk ditempatkan di bar hotel.

Kini dua robot yang dimiliki Sofitel Sydney Darling Harbour digunakan untuk memberikan pembersih tangan yang penting bagi tamu hotel. Selain robot-robot tersebut, Schwartz juga mengikuti sistem akses tanpa kunci baru dan check out sementara Sofitel tanpa tamu.

Teknologi ini sendiri dikembangkan di Selandia Baru oleh perusahaan teknologi perjalanan GuesTracrtion dan memungkinkan para robot tersebut membantu tamu dari kedatangan hingga mereka akan meninggalkan hotel. Bisa dikatakan sepenuhnya pelayanan resepsionis dilakukan oleh robot untuk memutuskan jarak sosial antara staf di resepsionis dengan tamu.

“Maskapai penerbangan dapat memperkenalkan pemesanan tanpa batas dan check in melalui ponsel pintar. Saya ingin meniru itu untuk para tamu yang menginap di hotel. Itu adalah sesuatu yang telah saya dorong untuk waktu yang cukup lama, jauh sebelum Covid-19. Tetapi dampak dari virus dan langkah menuju pelonggaran sosial telah menjadikan transisi ini lebih penting lagi,” kata Schwartz.

Schwartz mengatakan bahwa check in dan check out hotel adalah salah satu aspek yang paling membuat frustrasi bagi para pelancong, terutama untuk tamu reguler yang sangat berharga. Registrasi dan sistem pemesanan online yang baru memungkinkan tamu untuk melakukan reservasi dari jarak jauh menggunakan kartu kredit. Hotel kemudian memberi tamu kode yang berfungsi sebagai kunci digital.

“Masalahnya adalah bahwa tinggal di hotel memerlukan banyak fungsi berbeda untuk akses tanpa kunci. Misalnya, kunci digital harus terhubung dengan lift untuk membawa Anda ke kamar Anda, perlu membuka kunci pintu Anda, menyediakan akses ke kolam renang, pusat kebugaran, dan ruang tamu, dan kemudian juga menutupi pembayaran di spa, toko suvenir, restoran dan bar,” jelas Schwartz.

Setelah teknologi baru berhasil diterapkan, Schwartz percaya Sofitel Sydney Darling Harbour akan menjadi hotel besar pertama di Australia yang menawarkannya. Tetapi baik sistem tanpa kunci dan robot hanyalah awal untuk hotel di era Covid-19.

Baca juga: Tidak Puas, LG Kembali Luncurkan Tiga Robot Anyar di Las Vegas Pekan Depan

Diketahui, penggunaan robot di hotel bukanlah hal baru, dengan Jepang dan Cina, setelah menguasai seni beberapa waktu lalu, mereka bukan lagi tipu muslihat. Hotel-hotel Cina sudah menggunakan robot untuk membersihkan kamar-kamar hotel dengan satu properti yang menawarkan operasi televisi yang diaktifkan dengan suara, melegakan bagi mereka yang menyadari fakta bahwa unit remote control TV bisa menjadi objek hotel yang paling banyak ditunggangi kuman.

Leave a Reply