Spektakuler! Utrecht Bangun Fasilitas Parkir Sepeda Terbesar di Dunia

Sumber: newatlas.com

Bagi Anda yang pernah mengunjungi negeri Kincir Angin, Belanda, mungkin Anda akan menggelengkan kepala manakala melihat “kegilaan” penduduk setempat terhadap transportasi roda dua ramah lingkungan. Ya, pengguna sepeda di negara ini memang begitu dominan. Tidak hanya dengan tujuan untuk berolahraga semata, melainkan beberapa lapisan masyarakat di sini juga memilih menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi untuk beraktifitas sehari-hari, seperti berangkat ke sekolah hingga bekerja.

Baca Juga: Sarana dan Pra Sarana Transportasi Termutakhir, Tidak Semuanya Mewah Loh!

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (18/8/2017), keberadaan pengguna sepeda tidak sebanding dengan lahan penyimpanan yang tersedia. Maka dari itu otoritas di kota Utrecht menyulap sebuah parkiran bawah tanah di stasiun kereta setempat menjadi sebuah tempat penyimpanan sepeda yang diberi nama The Stationsplein Bicycle Parking. Para pesepeda di Utrecht, yang terkenal sebagai kota pelajar, sudah mulai menggunakannya sejak pekan lalu, padahal lahan parkir ini belum diresmikan. Menurut laman sumber, peresmian lahan parkir ini baru akan diadakan tanggal 21 Agustus ini.

Dapat dibayangkan, lahan yang bisa dikatakan setengah jadi saja sudah dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai tempat penyimpanan sepeda. Lahan ini mampu menampung ribuan sepeda, dan dicanangkan akan menjadi parkir sepeda terbesar di dunia. Dihimpun dari laman sumber, fasilitas tempat parkir sepeda tiga lantai ini mampu menampung hingga 6.000 sepeda. Rencananya akan ada penambahan kapasitas sebanyak 1.500 lagi ruang dalam beberapa bulan mendatang. Tapi angka tersebut hanyalah separuh dari kapasitas maksimal yang diharapkan dapat rampung pada akhir tahun depan, yaitu 12.500 sepeda.

Sepeda-Sepeda ini Disewakan Lho! Sumber: newatlas.com

Para pesepeda dapat mengakses fasilitas ini 24 jam sehari, dan tujuh hari dalam seminggu. Itu artinya parkiran ini dapat diakses kapanpun pesepeda membutuhkannya. Selama mereka memiliki sebuah kartu chip transportasi umum, para pesepeda ini dapat menggunakan fasilitas parkir secara gratis. Sebuah sistem digital juga telah dipasang untuk membebas-biayakan penggunaan lahan parkir ini. Untuk ragam sepeda pun tidak memiliki masalah, karena otoritas setempat menyadari para pesepeda ini memiliki modelnya masing-masing. Sebut saja seperti sepeda dengan stang lebar dapat parkir di zona khusus.

Sumber: newatlas.com

Tidak hanya itu, bagi warga yang tidak memilki sepeda pun dapat memanfaatkan layanan penyewaan sepeda yang tersedia di parkiran ini. Untuk masalah keamanan dan tata penggunaan parkiran pun Anda tidak perlu khawatir, karena akan ada petugas yang berpatroli di sini untuk memastikan semuanya berada dalam kondisi yang kondusif. Lalu, bagaimana jika sepeda Anda rusak? Tenang, parkiran serba lengkap ini juga menyediakan layanan perbaikan dan perawatan sepeda. Sangat lengkap bukan?

Jika melihat secara keseluruhan, sekitar 22.000 lahan parkir sepeda akan disediakan otoritas Utrecht dan menjadikannya sebagai pusat transportasi di sana, sehingga para pesepeda dapat dengan mudah mencari tempat yang aman dan tepat untuk memarkirkan sepeda mereka, tanpa harus lelah mengayuh.

Baca Juga: Ford Hadirkan Layanan Bike Sharing, Kok Bisa?

Mungkin ini merupakan suatu aksi nyata yang dilakukan oleh pemerintah Utrecht dalam menekan tingkat polusi udara yang ditimbulkan oleh kendaraan bermotor. Jika ditelaah lebih jauh, bersepeda juga dapat menyehatkan tubuh lho! Jadi, masih mau merusak lapisan ozon kita yang semakin hari semakin menipis ini?