SpiceJet Tega Buat Penumpang Menunggu 7 Jam Tanpa Kepastian dan Minum

0

Kembali tersiar kabar pilu dalam dunia penerbangan, salah satu maskapai India yakni SpiceJet dikabarkan telah menelantaran penumpangnya tanpa kepastian yang jelas selama tujuh jam tanpa bantuan dan minuman. Dirangkum KabarPenumpang.com dari indianexpress.com (15/7/2017), hal ini terjadi pada 125 penumpang penerbangan SpiceJet dengan nomor SG524 dari Pune menuju Ahmedabad pada Jumat malam.

Baca juga: Bicara Kompensasi Saat Terjadi Delay Ada di Peraturan Menteri Perhubungan

Harusnya 125 penumpang ini berangkat dengan SpiceJet pukul 8.40 malam waktu Pune dan harus tertunda dengan alasan cuaca buruk sedang terjadi di Ahmedabad. Dari kabar yang ada, para penumpang mengatakan, petugas menahan mereka dan membuat pengumuman yang tidak bisa dipastikan dan hanya sedikit perkataan yang keluar serta pengumuman ini berlangsung sepanjang malam itu.

Hingga akhirnya 125 penumpang tersebut bisa berangkat pukul 3.20 pagi. Sayangnya dari penerbangan tersebut sebagian besar penumpang memutuskan untuk membatalkan tiket mereka setelah beberapa jam tanpa kepastian yang jelas akan penerbangan menggunakan SpiceJet tersebut.

Tak hanya itu, beberapa dari penumpang menuliskan curahan hati mereka di media sosial terkait perasaan dan perilaku maskapai yang tidak bertanggung jawab dan tidak profesional.

Baca juga: Delay Luar Biasa, 6 Maskapai Ini Pecahkan Rekor!

“Saat itu, petugas dari maskapai SpiceJet sama sekali tidak ada. Sekitar 125 penumpang termasuk wanita, anak-anak dan para orang tua terdampar di bandara tanpa kepastian yang jelas. Maskapai juga tidak memberikan bantuan apapun, pengumuman yang diberikan hanya sepotong-sepotong. Awalnya maskapai mengatakan penerbangan tertunda setengah jam dan ini terus di katakan berulang selama beberapa jam. Kemudian pihak maskapai juga mengatakan akan tertunda satu jam lagi,” ujar salah seorang insinyur Paresh Shah.

Satu pernyataan dari media, bahwa SpiceJet mengatakan bila penumpang diberi pilihan untuk memilih penerbangan lain tanpa biaya tambahan. Namun, Shah mengkalim bahwa hal tersebut tak sepenuhnya benar, sebab beberapa penumpang tersmasuk dirinya diberikan pilihan tersebut pada waktunya.

“Tawaran untuk naik penerbangan lainnya tidak diberikan pada semua penumpang. Saya mendapat tawaran itu setelah memposting masalah yang kami hadapi saat itu di Twitter. Penumpang tidak diberikan apapun bahkan air minum pun tak ditawari,” ujar Shah.

Salah seorang penumpang lainnya, Gaurav J mengatakan, dirinya sampai memutuskan untuk membatalkan tiket perjalanannya pada tengah malam. “Setelah empat jam saya kebingungan dan tidak tahu apa-apa, saya memutuskan untuk membatalkan tike dan banyak juga penumpang lainnya, saya harus mengeluarkan uang yang banyak untuk naik taksi ke apartemen saya di Pune,” ujar Gaurav.

Juru bicara SpiceJet mengatakan bahwa maskapai telah “menyesalkan masalah.” Penumpang dilayani untuk pembeharuan secara berkala mengenai status penerbangan. Mereka juga diberi pilihan untuk memilih penerbangan lain tanpa biaya tambahan. SpiceJet dengan tulus meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan pada penumpang karena tertunda,” kata juru bicara tersebut.

Leave a Reply