Startup Indonesia Tawarkan Promo Tour Melihat Peluncuran Roket Soyuz MS-12

Promo wisata ke luar negeri sudah jamak di dengar sehari-hari, mulai dari promo wisata ke Asia, Eropa, Amerika dan Timur Tengah, menjadi andalan biro-biro perjalanan untuk memikat hati pelanggan. Namun, kali ini ada promo wisata ke luar negeri yang tidak biasa, yaitu berupa tawaran paket wisata ke Rusia untuk melihat langsung proses peluncuran roket antariksa berawak Soyuz MS-12 di Baikonur Cosmodrome, Kazakhstan.

Baca juga: Pratiwi Pujilestari Sudarmono – Calon Astronot Pertama Indonesia yang Terpaksa Mengubur Asanya Ke Luar Angkasa

Soyuz MS-12 sendiri merupakan roket yang dikirim ke ruang angkasa untuk memasok logistik untuk kebutuhan stasiun ruang angkasa International Space Station (ISS). Sang penggagas dan pelaksana promo unik ini adalah Antarexxa, perusahaan startup asal Indonesia yang fokus pada edukasi luar angkasa. Dan promo wisata ini pun diberi label “Promo Tour: Introduction to Russian Space Industry.”

Karena jadwal peluncuran terbilang ketat, maka kesematan ikutan promo ini pun terbatas, waktunya telah ditetapkan, yaitu berangkat dari Jakarta pada 6 Maret dan pulang 15 Maret 2019 dari Moskow, Rusia. Dikutip dari laman Instagram, paket perjalanan selama 9 hari ini mencakup kunjungan ke Russian Space Industry selama 3 hari di Moskow, kemudian 6 hari di Baikonur.

Baca juga: Virgin Galactic Sukses Terbangkan (Kembali) Pesawat Bertenaga Roketnya ke Antariksa

Biaya yang dipatok untuk bisa menikmati paket ‘luar angkasa’ ini mulai US$3.400 khusus untuk warga Indonesia. Selain menyuguhkan momen peluncuran roket, promo wisata ini juga diisi dengan kunjungan ke museum antariksa dan melihat langsung aktivitas kosmonot di Baikonur. Lepas dari jadwal perjalanan di Maret, Antarexxa juga menyiapkan paket tour antariksa di 6 Juli dan 25 September 2019.