Wednesday, May 25, 2022
HomeHot NewsStasiun Cikarang Kini Punya Fasilitas Baru untuk Penumpang KA

Stasiun Cikarang Kini Punya Fasilitas Baru untuk Penumpang KA

Penumpang kereta api kini tak perlu repot lagi menggunakan kereta api lokal menuju Purwakarta. Karena Stasiun Cikarang sudah memiliki pembelian tiket KA Lokal sendiri. Sebelumnya pembelian tiket KA Lokal di Stasiun Cikarang menyatu dengan loket Commuter Line yang membuat penumpang cukup bingung untuk membeli tiket.

Baca juga: Depo Bekasi Ditutup, KRL Menginap di Cikarang

Selain loketnya bersebelahan dengan Commuter Line, penumpang juga melakukan boarding pass hanya memikiki satu akses pintu masuk yang cukup sempit dan berbaur dengan penumpang KRL. Kereta api lokal saat memasuki Stasiun Cikarang pasti masuk di jalur 1 dan penumpang yang berada di peron 1 – 2 khusus untuk penumpang kereta api lokal dengan rute Cikarang, Cikampek sampai dengan Purwakarta.

KA Lokal Walahar Pertama Kali Stabling di Jalur Baru
Tepat di hari Senin (17/1) Stasiun Cikarang resmi menggunakan fasilitas baru yang tersedia untuk perjalanan KA Jarak Jauh maupun Lokal. Fasilitas ini disediakan dengan mudah bagi para penumpang yang akan menggunakannya. Fasilitas yang disediakan adalah cetak tiket mandiri, pembelian tiket di loket baru, timbangan barang bawaan, boarding pass, toilet dan beberapa fasilitas penunjang lainnya untuk penumpang.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by KabarPenumpang.com (@kabar.penumpang)

Kereta api yang melintas dan berhenti si Stasiun Cikarang pun sudah digunakan. Contohnya Kereta Api Lokal Walahar yang sudah masuk dijalur 5. Sebelumnya kereta ini masuk di jalur 1 dan lokomotif langsir pada jalur 2. Namun sekarang jalur 5 sudah digunakan untuk KA lokal tersebut dan merupakan perdana jalur itu digunakan.

Meski sudah disediakan loket khusus kereta api jarak jauh di stasiun ini , namun perjalanan KA jarak jauh belum bisa digunakan untuk naik dan turun penumpang. Pelayanan loket KA Jarak Jauh tetap bisa dipesan, namun naik dan turun sementara di Stasiun Bekasi atau dari stasiun keberangkatan awal. Nantinya beberapa kereta api jarak jauh yang sekiranya penumpang lebih banyak, akan berhenti di stasiun ini.

Baca juga: Stasiun Citayam Ternyata Sudah Ada Sejak Zaman Kolonial Belanda

Sebagai informasi, sebelumnya Stasiun Cikarang akan diresmikan fasilitas barunya oleh Direktur Utama PT KAI beserta jajarannya. Berhubung tidak kunjung tiba fasilitas tersebut langsung bisa digunakan. Seperti diketahui Stasiun Cikarang memiliki 8 jalur. 4 jalur diantaranya khusus untuk penumpang KRL di peron jalur 1 sampai dengan jalur 4, jalur 5 sampai jalur 8 khusus untuk kereta lokal dan jarak jauh. (PRAS – Cinta Kereta Api)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular