Tuesday, April 16, 2024
HomeHot NewsStasiun Ciomas, Dulu Terabaikan Sekarang Jadi Sorotan

Stasiun Ciomas, Dulu Terabaikan Sekarang Jadi Sorotan

Jika kalian pernah bepergian ke Sukabumi menggunakan kereta api, tentu kenal betul dengan stasiun yang satu ini. Memang tidak begitu terlihat jelas untuk bangunanannya, karena berada agak menjorok dengan hutan bambu disekitarnya. Ya, Stasiun Ciomas yang merupakan bangunan kecil diantara petak Stasiun Batutulis dengan Stasiun Maseng. Stasiun Ciomas ini berada di lokasi Desa Kertamaya, Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: Kisah Stasiun Batutulis, Pernah Mati Suri dan Terlupakan

Dulu bangunannya yang terbilang kecil ini sudah seperti halte perhentian. Tidak memiliki wesel apalagi persinyalan. Yang ada hanya single track, peron dan suara derasnya arus sungai. Stasiun Ciomas berada di kilometer 9.306 dengan ketinggian 349 mdpl. Suasananya yang sunyi dan dikelilingin pepohonan yang menghijau membuat Stasiun Ciomas terlihat lebih tenang dan nyaman. Tak hanya itu, kebisingan atau ramainya masyarakat tidak terlihat disini. Karena posisi antara stasiun dengan jalan raya cukup jauh. Yang ada hanyalah perumahan elit dan pedesaan yang dekat dengan stasiun.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KabarPenumpang.com (@kabar.penumpang)

Seraya dengan pembangunan jalur ganda dan upgrade-nya bangunan stasiun jalur Bogor – Sukabumi kini Stasiun Ciomas akan kembali difungsikan. Semula yang terlihat bangunan kecil, kini sudah ditambahkan peron serta kanopi yang sudah sesuai standar saat digunakan reguler nanti. Selain itu persinyalan elektrik menggunakan sistem LED sudah terpasang di bagian utara dan selatan stasiun dengan indikasi sinyal blok.

Baca juga: Bantu Pembangunan Double Track Bogor – Cicurug, Kereta Mekanik Dioperasikan

Diketahui jalur ganda Bogor – Sukabumi sudah tahap 99 persen dan segera akan diuji coba terlebih dahulu untuk lintas Bogor – Cicurug pada 20 Maret 2022 nanti. Jika sudah dievaluasi nantinya uji coba menggunakan rangkaian Kereta Api Pangrango akan dijalankan secara reguler yang rencannya pada tanggal 28 Maret 2022 dengan sementara masih menggunakan satu jalur. Untuk dua jalur yang digunakan rencananya akan diberlakukan mulai tanggal 28 April 2022. (PRAS – Cinta Kereta Api)























RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru