Stasiun Dent, Jadi Stasiun Tertinggi di Inggris dan Disewakan untuk Penginapan

Tampak Stasiun Dent dari kejauhan (www.housebeautiful.com)

Stasiun Dent yang terletak di Inggris ini merupakan stasiun kereta api tertinggi di jaringan nasional Inggris, ketinggian stasiun ini mencapai 350 meter di atas permukaan laut. Namun, ada kabar bahwa bangunan stasiun dengan dua platform ini sekarang bukan lagi milik negara, melainkan sudah beralih menjadi milik pribadi dan juga disewakan sebagai penginapan.

Baca juga: Stasiun Mayong, Beralih Fungsi Menjadi Lobi Hotel di Magelang

Merujuk ke sejarahnya, pada tahun 1970-an stasiun tersebut sudah disewakan ke sekolah Barden di Burnley sebagai tempat kegiatan luar ruangan yang mampu menampung 15 murid. KabarPenumpang.com merangkum dari laman housebeautiful.com, bahwa saat ini bangunan Stasiun Dent dimiliki oleh Robin Hughes yang membelinya pada 2006 lalu. Kemudian di renovasi menjadi tempat penginapan pedesaan yang unik.

Namun tenang saja, meski kini menjadi vila atau tempat tinggal pribadi, banyak keaslian stasiun ini yang masih ada seperti tungku perapian terbuka, radiator besi cor dan lantai batunya. Rumah ini memiliki tiga kamar tidur, kamar mandi dan pemanas di bawah lantainya.

Bentuk bagian dalam Stasiun Dent saat ini(www.housebeautiful.com)

Sedangkan bekas ruang pemesanan tiket kini diubah menjadi ruang tamu yang nyaman dan ruang tunggu di ubah menjadi dapur serta ruang makan. Meski tak lagi digunakan sebagai stasiun, tetapi jalur kereta yang berada tepat di depan rumah ini masih berfungsi dan ada kereta yang lewat setiap harinya. Sehingga bagi pecinta kereta api dan tinggal dirumah ini akan senang mendengar kereta uap berjalan setiap akhir pekan dari Flying Scotsman dan Tornado.

“Sangat luar biasa mendengar peluit jauh dari kereta uap yang mendekat, itu adalah suara yang membawa Anda kembali ke zaman dulu. Bayangkan saat melangkah keluar menuju platform untuk menikmati secangkir teh, kita akan disuguhkan pemandangan, udara segar, satwa liar yang luar biasa dan kereta api yang berjalan di depan rumah Anda,” ujar Robin.

Stasiun ini sendiri dirancang oleh arsitek Midland Railway, John Holloway Sander yang dibuka pada tahun 1877 lalu dan ditutup pada Mei 1970. Namun kemudian dibuka kembali pada 1986 setelah adanya kampanye untuk mempertahankan layanan reguler di sepanjang jalur tersebut.

Baca juga: Bukti Cinta Pada Kereta, Halaman Belakang Rumah Disulap Jadi Replika Stasiun

Pada hari kerja, ada lima kereta yang mengular di jalur rel stasiun Dent dan pada hari Sabtu ada enam perjalanan serta tiga perjalanan di hari Mingu. DalesRail beroperasi pada hari Minggu musim panas dari Blackpool Utara dan Preston ke Carlisle, dengan satu perjalanan di setiap arah. Kereta api ke utara diakhiri baik di Appleby atau Armathwaite hingga akhir Maret 2017, karena bagian Armathwaite ke Carlisle ditutup sementara tanggul yang rusak di Eden Brows diperbaiki.

Layanan sampai ke terminal di Carlisle dilanjutkan pada 31 Maret 2017. Hingga Mei 2018 lalu, layanan kereta ini kemudian ditingkatkan hingga ada delapan perjalanan ke arah utara, enam perjalanan ke arah selatan pada hari kerja serta enam perjalanan pada hari Minggu.