Stasiun Ernakulum India, Hadirkan Fasilitas Komplit Bagi Kaum Difabel

Virali dan jalur khusu pengguna kursi roda di Staiun Ernakulum, India (yourstory.com)

Keterbatasan seorang penyandang disabilitas membuatnya terkadang kesulitan saat berada di tempat umum. Ini pun tak menutup kemungkinan ketika berada di stasiun, terminal bahkan bandara. Apalagi jika fasilitas yang ada tidak bisa digunakan para disabilitas.

Baca juga: Duuh.. Mobil Golf Pendukung Disabilitas dan Orang Tua ‘Nyungsep’ ke Rel Kereta

Belum lama ini di India tepatnya Januari 2018 salah satu stasiunnya yang berada di Kelara sudah mendukung penyandang disabilitas. KabarPenumpang.com melansir dari laman yourstory.com, bahwa Stasiun Ernakulum Kelara sudah bisa diakses sepenuhnya oleh penyandang disabilitas dan menjadi stasiun pertama yang membuat hal itu. Langkah besar ini terjadi setelah Virali Modi, yang berjuang untuk hak orang-orang bekebutuhan khusus di Mumbai.

Gadis berusia 25 tahun ini selama beberapa tahun terakhir mengadvokasi tempat-tempat umum untuk dibuat ramah disabilitas. Dia memulai kampanyenya yang disebut #MyTrainToo yang berperan untuk perubahan sejarah bagi Indian Railways.

Pada Stasiun Ernakulum jalan permanen untuk para disabilitas pengguna kursi roda sudah dibuat permanen. Porter yang membawa koper di stasiun kereta api juga dilatih untuk membantu para disabilitas tersebut. Tak hanya jalanan di stasiun, mobil listrik juga akan tersedia bagi mereka yang berkebutuhan khusus. Kursi dan pendingin udara yang disediakan diruang tunggu dibuat untuk kenyamanan mereka.

Indian Railways sebagai operator kereta India berjanji akan membuat toilet dan fasilitas lainya selama enam bulan kedepan. Pihak Indian Railways juga menambahkan stasiun kereta api ramah disabilitas juga nantinya akan dibuat di seluruh negara bagian.

Baca juga: Sukses Curi Hati Penyandang Disabilitas, Swiss Federal Railways Rajai Perkeretaapian di Eropa!

Pada awalnya Virali yang menggunakan kursi roda dalam kesehariannya kesulitan saat berada di stasiun kereta api. Bahkan dirinya bercerita pernah ditipu oleh porter yang mencoba mengambil keuntungan dari dirinya. Hal ini kemudian membuatnya terinspirasi memulai kampanye #MyTrainToo dan mendapat dukungan luar biasa dari orang-orang di seluruh negeri.

Karena tweet Virali tersebut, Menteri Kereta Api India Suresh Prabhu meyakinnya pada Februari tahun 2017 lalu bahwa pekerjaan untuk membantu penyandang disabilitas akan dilakukan. Hingga akhirnya hanya Kerala yang mengambil inisiatif tersebut untuk memudahkan para disabilitas di stasiunnya.