Stasiun Fengtai, Digadang Menjadi Stasiun Terbesar Se-Asia

Ilustrasi Stasiun Fengtai di masa depan (CMH Global Times)

Stasiun kereta api Fengtai yang ada di Beijing merupakan stasiun tertua yang akan direnovasi, dan digadang-gadang, stasiun yang telah ditutup sejak tahun 2010 lalu ini akan menjadi stasiun kereta api terbesar di Asia.

Baca juga: Tarif Kereta Cepat Shenzhen – Guangzhou Akan Diturunkan 10 Persen!

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman thejakartapost.com (15/8/2018), karena ada pekerjaan rekonstruksi di Stasiun Fengtai ini, kereta api yang melalui Beijing menuju Guangzhou atau sebaliknya di alihkan. Hal ini dilakukan untuk menghindari stasiun yang sedang dalam konstruksi pembaharuan pembangunan.

Stasiun Fengtai sebelum tutup pada Juni 2010, merupakan stasiun kereta api kecil yang mengangkut penumpang dan kereta barang. Penutupan tersebut mengakhiri pengoperasian Stasiun Fengtai selama 114 tahun sejak 1896 silam.

Menurut China Railways Construction Engineering Group, selaku kontraktor rekonstruksi bangunan Stasiun Fengtai, nantinya dalam kondisi baru akan memiliki tujuh lantai dengan empat di atas permukaan dan tiga lantai lainnya di bawah tanah. Area tersebut akan memiliki luas sekitar 398.800 kilometer persegi.

Stasiun yang akan menjadi terbesar di Asia tersebut nantinya mampu menampung 14 ribu penumpang. Jalur kereta bawah tanah 10 dan 16 akan dihubungkan ke stasiun untuk membuat lebih banyak kenyamanan bagi para pelancong.

Pekerjaan pembaruan pembangunan Stasiun Fengtai diperkirakan akan selesai pada 2020 mendatang. Selain menjadi yang tersebesar, stasiun ini juga akan menjadi pusat transportasi utama. Sebab akan melayani kereta api berkecepatan tinggi di jalur Beijing-Guangzhou, Beijing-Kowloon dan Beijing-Shijiazhuang.

Baca juga: Kerap Dilanda Kabut Asap, Ada Apa Dengan Perkeretaapian Bawah Tanah Beijing?

Tak hanya itu, Stasiun Fengtai juga akan melayani kereta api pinggiran kota. Saat menjadi lebih luas di 2020 mendatang, Stasiun Fengtai akan membantu meringankan beban lalu lintas ibu kota dimana memfasilitasi transportasi ke Xiongan New area dan mengintegrasi kawasan Baijing-Tianjin-Hebei.

Diketahui, stasiun Fengtai sendiri terletak di Jalan Zhengyang di Distrik Fengtai, Beijing Selatan. Meski tahun 2010 tutup, stasiun ini membuka kereta bawah tanahnya pada 5 Mei 2013 silam pada jalur 10 dan akan terhubung dengan jalur 16 pada masa depan.