Stasiun Goathland, Jadi Tersohor Berkat Film Harry Potter

Stasiun Goathland atau stasiun Hogsmeade di film Harry Potter (netz.id)

Pecinta Harry Potter pastinya tidak akan lupa bahwa ada beberapa stasiun yang digunakan dalam film merupakan tempat yang nyata. Salah satunya yakni Stasiun Hogsmeade yang merupakan persinggahan terakhir kereta Howgarts Express sebelum murid-murid sihir ke kastil.

Baca juga: Anda Pecinta Harry Potter? Kudu Lamar Kerjaan yang Ditawarkan Oleh Operator Kereta Heritage Inggris Ini!

KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber bahwa stasiun tersebut aslinya bernama Stasiun Goathland yang berada di Desa Goathland, Yorkshire. Kereta yang berhenti di stasiun tersebut melayani penumpang dari desa Goathland di Taman Nasional Utara York Moor, North Yorkshire, Inggris.

Stasiun Goathland sendiri merupakan stasiun tua yang sudah beroperasi sejak 1865 atau lebih dari satu setengah abad lalu. Dibuka pada tanggal 1 Juli 1865 dulunya menjadi stasiun ini dulunya dikenal sebagai Goathland Mill yang dibuka sebagai persimpangan untuk mengindari pekerjaan Beck Hole Incline yang merupakan bagian dari rute Whitby dan Pickering Railway.

Penampakan stasiun Goathland yang terkenal di film Harry Potter (netz.id)

Terletak di desa yang terpencil,  stasiun ini hampir tak pernah berubah dari 153 tahun lalu dan kini menjadi salah satu obyek wisata terkenal di Inggris karena film Harry Potter. Meski terletak di desa terpencil, untuk sampai ke Stasiun Goathland sendiri selain menggunakan kereta juga bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Saat menuju stasiun yang dikelola oleh perusahaan jawatan kereta api North Yorkshire Moors, pengunjung akan melalui padang rumput yang sangat luas dan dereta lembah dengan diapit perbukitan. Pemandangannya pun sangat indah dan menyenangkan meski sepi.

Udara di desa Goathland tempat stasiun tersebut berada sejuk dan pengunjung masih bisa melihat banyak domba-domba yang berkeliaran bebas di padang rumput. Tenang, bagi yang ingin berfoto atau menikmati stasiun ini, Anda tidak akan dipungut biaya sepeser pun.

Baca juga: Glenfinnan Viaduct! Jembatan Harry Potter Yang Pernah Selamatkan Keluarga Kecil

Tetapi bila ingin menaiki kereta yang menggunakan batubara sabagai bahan bakarnya atau kereta dengan lokomotif uap, bisa membayar sesuai jarak, waktu dan usia penumpang yang berkisar Rp160 ribu untuk anak-anak dan Rp475 ribu bagi penumpang dewasa.

Jadwal keberangkatan kereta uap ini sendiri mulai pukul 10.00 pagi hingga 17.00 waktu setempat. Stasiun Goathland sendiri dilengkapi fasilitas yang cukup lengkap dari toko souvenir hingga toilet.