Stasiun Strasbough-Ville, Padukan Nuansa Jadoel dan Modern Dalam Satu Balutan Apik!

Sumber: istimewa

Mungkin peranannya hampir sama seperti Stasiun Gambir dan Stasiun Bandung, yaitu sebagai stasiun utama di tempat mereka beroperasi. Perkenalkan, Stasiun Strasbourg-Ville yang memiliki peranan sebagai stasiun utama di kota Strasbourg, Bas-Rhin, Perancis. Ternyata ada keunikan bersemayam di balik kemegahan stasiun yang dioperasikan oleh SNCF ini. Selain desain bangunannya yang unik, ternyata nama Stasiun Strasbourg-Ville pun masuk ke dalam daftar stasiun termegah di Benua Biru.

Baca Juga: Stasiun Sruweng, Ternyata Punya Musik Berbeda dari Stasiun Lainnya Loh!

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, stasiun ini merupakan akhir dari layanan sejauh 493 km yang membentang dari Paris menuju Strasbourg melalui Châlons-en-Champagne dan Nancy. Stasiun kereta api pertama di Strasbourg ini sendiri diresmikan pada 19 September 1841, seiringan dengan pembukaan layanan kereta Strasbourg – Basel.

Sumber: istimewa

Karena letaknya yang jauh dari pusat kota, yaitu di distrik Koenigshoffen, maka pada 11 Juli 1846 stasiun ini dipindahkan ke pusat kota. Sebuah bangunan baru yang diperuntukkan sebagai terminal pun dirancang sedemikian rupa oleh seorang arsitek asal Perancis, Jean-André Weyer. Setelah memakan waktu enam tahun,maka pada 18 Juli 1852, Président Bonaparte pun meresmikan stasiun tersebut.

Alih-alih melakukan renovasi guna mendapatkan kesan modern, pihak pengelola stasiun justru enggan melakukan perombakan dengan dalih mempertahankan dan menjadikan stasiun bergaya periode Wilheminian ini sebagai salah satu spot arsitektur historikal. Bangunan yang hingga kini dapat kita nikmati ini merupakan rancangan dari Johann Eduard Jacobsthal yang dieksekusi pada tahun 1878 hingga 1883.

Dengan adanya sedikit penambahan ornamen dan renovasi kecil-kecilan guna mengikuti perkembangan jaman, maka bangunan stasiun yang berisikan 13 jalur ini tetaplah kokoh hingga saat ini. Bahkan, otoritas berwenang mencatat bahwa pada tahun 2016 silam, jumlah penumpang yang hilir mudik di stasiun ini mencapai angka 18,336,028 penumpang.

Baca Juga: Antre di Stasiun ini Dijamin Bikin Anda Betah Berlama-lama!

Keunikan lain yang terpampang dari stasiun ini adalah bentuk kerangka besi yang seolah melindungi bagian gedung utama stasiun ini. Ya, unsur jadoel yang langsung ‘bertabrakan’ dengan modernisasi menjadi daya tarik wisata tersendiri.

Bagaimana, apakah Anda termasuk pecinta seni sekaligus kereta? Sempatkan diri untuk mampir ke Stasiun Strasbourg-Ville semisal berkunjung ke Perancis, ya!