Swiss Manfaatkan Drone Untuk Antar Sampel Laboratorium

Ilustrasi Drone. Sumber: designboom.com

Manfaat drone untuk menunjang aktivitas di keseharian sudah banyak contohnya, baru-baru ini, drone di Swiss di jajal untuk yang ke sekian kalinya sebagai “kurir” untuk mengantarkan sampel pemeriksaan laboratorium antar dua rumah sakit. Kota Lugano dipilih sebagai tempat dilakukannya uji coba ini. Swiss Post, sebuah perusahaan yang  bergerak di bidang logistik, terhitung telah melakukan ujicoba sebanyak 70 kali dan otoritas penerbangan sipil di sana sudah mengijinkan drone ini untuk mulai beroperasi. Rencananya, drone ini akan mulai beroperasi pada tahun 2018 mendatang.

Sumber designboom.com
Sumber designboom.com

Swiss Post menggunakan quadcopter (drone dengan 4 baling-baling) buatan Matternet, sebuah perusahaan yang bekerja sama dengan Mercedes-Benz dalam pengadaan sarana pengangkutan barang ringan. Kurir elektronik ini mampu mengangkut beban hingga 2 kg dan menempuh jarak hingga 20 km. Kecepatannya pun bisa terbilang cukup cepat, yaitu sekitar 36 km/jam. Nantinya, sampel akan di masukkan ke dalam sebuah wadah kuning bertuliskan Swiss Post. Wadah tersebut berbentuk seperti cooler box untuk menjamin sampel tersebut aman, dengan suhu yang sebelumnya sudah disesuaikan.

Tujuan dari pengadaan drone ini adalah untuk mempersingkat waktu pengiriman sampel tanpa harus terjebak macet, karena dikhawatirkan akan ada perubahan unsur yang terjadi dalam sampel apabila memakan waktu terlalu lama di jalan. Drone ini menggunakan sistem infra merah untuk mendeteksi lokasi pendaratannya.

Pengoperasiannya pun terbilang cukup sederhana, cukup memasukkan lokasi rumah sakit awal dan rumah sakit tujuan dari aplikasi di smartphone, maka kurir elektronik ini akan datang untuk menjemput sampel tersebut dan mengantarkannya sesuai dengan tujuan yang tercantum. Tidak heran, banyak pihak yang mengklaim bahwa tugas untuk mengantarkan sampel laboratorium merupakan pekerjaan yang cocok untuk drone, mengingat sample yang tidak terlalu berat dan bisa sampai di lokasi tujuan lebih cepat.

Ternyata, trend pengiriman barang menggunakan drone sudah terjadi sejak beberapa tahun yang lalu. Sebut saja Perancis dan Australia sebelumnya sudah terlebih dahulu melakukan uji coba untuk menggunakan teknologi drone untuk mengantarkan barang, tentu saja barang yang ringan. Bahkan, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang kuliner, Domino’s Pizza juga menggunakan drone untuk mengantarkan pizza kepada para pelanggannya. Dengan menggunakan sistem yang sama dengan jasa pengiriman lainnya, Domino’s Pizza Delivery ini memiliki sedikit perbedaan, yaitu pada saat menurunkan pizza. Drone ini menggunakan tali panjang yang terpasang di badan drone dan di atas tutup pizza untuk menurunkan makanan khas Italia tersebut.