Sydney Canangkan Pembangunan Stadion di Atas Stasiun Central

0
Sumber: deezen.com

Sebuah perusahaan asal Australia yang bergerak dibidang arsitektur, Bates Smart mengumumkan bahwasanya mereka hendak membangun sebuah stadion di atas Central Station, Sydney. Dalam rancangannya, stadion ini digadang-gadang mampu menampung hingga 45.000 penonton. Ini merupakan salah satu alternatif yang ditempuh Pemerintah Negara Bagian New South Wales untuk membangun kembali Stadion Sepakbola Sydney yang ada di Moore Park.

Baca Juga: Sydney Hadirkan Kereta Double Deck Terbaru dari Korea Selatan, Mengular di 2020

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman dezeen.com (18/9/2018), pembangunan stadion unik ini akan mengikat sarana olahraga dengan ‘peradaban – pusat kota. Hal ini sejalan dengan kecenderungan merangkaknya kuantitas dari stadion modern yang di bangun di pusat kota.

“Hari ini sebuah renaissance sedang berlangsung, yang diwujudkan dengan hadirnya konsep stadion yang terintegrasi dengan pusat kota,” ujar Philip Vivian, Direktur Bates Smart.

“Nantinya, stadion ini juga akan bertindak sebagai katalis pembaruan perkotaan,” tandasnya.

Sudah pasti, dengan menempatkan stasiun di atas sebuah stadion akan memberikan jaringan transportasi umum berbasis massal yang sangat baik

“Sebut saja Camden Yards di Baltimore dan Docklands Stadium di Melbourne, dimana kedua fasilitas publik ini seolah berperan sebagai jangkar untuk entertainment district sembari memperkenalkan kembali kearifan lokal yang ada di kota,” tambah Philip.

“Kami mengusulkan untuk membangun stadion pengganti Stadion Sepakbola Sydney di atas Central Station, dimana ini akan memberikan manfaat terhadap aksesibilitas transportasi umum berbasis massal di sini, dan juga untuk mengkatalisasi pengembangan rel yang menghubungkan Surry Hills ke Chippendale,” terang Philip.

Jika ditelaah lebih dalam lagi, pembangunan stadion di atas stasiun ini juga akan membantu tumbuh kembang daerah-daerah di sekitar – akan berimplikasi pada pertumbuhan ekonomi yang lebih luas untuk negara, kota dan lingkungan sekitarnya.

Baca Juga: Wujudkan Mimpi, Pemilik Resor di Australia Hadirkan Kereta Bertenaga Sel Surya

Menurut Bates Smart, usulan alternatif yang mereka sampaikan ini dinilai lebih baik daripada rencana pemerintah sebelumnya, karena Moore Park tidak dilayani dengan baik oleh jaringan transportasi umum dan tidak memiliki banyak tempat hiburan dan perhotelan di dekatnya.

Diharapkan dengan adanya pembangunan ini, kelak daerah tersebut akan perlahan berkembang dan dapat menjadi salah satu penyumbang pendapatan negara.

 

Leave a Reply