Tak Hanya Hadirkan KMT Khusus, Inilah Rute KRL dan TransJakarta Untuk Pengunjung Asian Games 2018

0
Kartu Multi Trip edisi khusus Asian Games 2018

Perhelatan Asian Games yang berlangsung sejak 18 Agustus 2018 hingga 2 September mendatang mebuat PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) meluncurkan Kartu Multi Trip (KMT) edisi khusus Aisan Games. Ada tiga jenis kartu yang inspirasinya dari maskoy Asian Games 2018 yakni Bhin Bhin, Atung dan Kaka.

Baca juga: Jelang Asian Games 2018, ASDP Operasikan Dermaga dan Layanan Ferry Eksekutif

KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, kehadiran KMT edisi khusus ini sendiri dijual diseluruh stasiun KCI dengan harga Rp50 ribu yang sudah termasuk dengan saldo Rp15 ribu. Dikarenakan edisi khusus, penjualan KMT yang dimulai pada 17 Austus 2018 kemarin akan dijual selama persediaan masih ada.

KMT edisi khusus Asian Games 2018 ini disiapkan sebanyak 15 ribu kartu. “Kami berharap masyarakat Jakarta dan sekitarnya maupun pendatang dari dalam dan luar negeri dapat menggunakan transportasi publik khususnya KRL Commuter Line untuk menuju ke lokasi venue Asian Games maupun berwisata ke berbagai tujuan di Jakarta,” ujar Direktur Utma PT KCI Wiwik Widayanti.

Setelah kehadiran KMT edisi khusus, bagaimana transportasi untuk mencapai lokasi atau venue Asian Games yang ada di Jakarta? Ya, ternyata ada banyak transportasi yakni kereta hingga TransJakarta dan ini memudahkan pengunjung apa lagi salah satu venue di Gelora Bung Karno (GBK) tidak memperbolehkan membawa kendaraan pribadi.

Berikut ini cara sampai ke venue dengan kereta commuter dan TransJakarta.

1. GBK
Bila dari Rangkasbitung, Parung Panjang ataupun Serpong, pengunjung bisa turun di Stasiun Palmerah. Selanjutnya bisa berjalan kaki atau naik bus gratis TransJakarta yang disediakan dari Stasiun Palmerah. Pengunjung dari Jatinegara, Senen, Kemayoran dan Kampung Bandan bisa transit di Stasiun Tanah Abang dan naik kereta tujuan ke arah Rangkasbitung atau Serpong dann turun di Stasiun Pelmerah. Jika pengunjung dari Depok atau Nambo bisa langsung turun di Stasiun Sudirman tanpa harus transit dan bisa lanjut menggunakan TransJakarta arah Blok M dan turun di GBK atau naik bus gratis GR1 perhentian GBK. Pengunjung Bekasi bisa transit di Manggarai dan melanjutkan perjalanan ke Stasiun Sudirman. Sedangkan pengunjung asal Tangerang dan Jakarta Barat lainnya bisa transit di Stasiun Duri dan lanjut ke Stasiun Sudirman atau Tanah Abang kemudian lanjut ke Stasiun Palmerah.

2. JIExpo
Paling dekat adalah staiun Rajawali untuk relasi kereta Jatinegara-Bogor dan Stasiun Sawah Besar untuk relasi Bekasi-Jakarta Kota atau Bogor-Jakarta Kota.

3. Ancol Eco Park
Pengunjung bisa turun di Stasiun Ancol (Jakarta Kota-Tanjung Priok), Stasiun Jakarta Kota (Bogor dan Bekasi), Stasiun Kampung Bandan (relasi Jatinegara-Bogor dan Jakarta Kota-Priok).

4. Veledrome
Berada di Jakarta Timur, untuk mencapainya pengujung bisa menggunakan KRL dan turun di Stasiun Kramat, Jatinegara ataupun Klender. Bila turun dari Stasiun Sudirman, melanjutkan dengan TransJakarta dari Halte Dukuh Atas 2 ke arah Pulogadung dan turun di Veledrome.

5. Equestrian
Letaknya yang berada juga di jakarta Timur, pengunjung bisa menggunakan rute kereta sama dengan menuju Veledrome. Bedanya bukan turun di Stasiun Sudirman melainkan Pasara Senen dan menggunakan TransJakarta tujuan Pulogadung turun di Halte ASMI atau bila dari Jatinegara turun di Halte Cempaka Mas.

6. Taman Mini Indonesia Indah
stasiun terdekat adalah Tanjung Barat dan dilanjutkan dengan kendaraan umum seperti angkot. Bila turun di Stasiun Cawang dan berlanjut dengan TransJakarta arah Pinang Ranti dan turun di Halte Garuda Taman mini. Dari Stasiun Cawang juga bisa menggunakan bus nomor 7D ke arah TMII.

7. Pondok Indah Golf Course
Karena letaknya di Jakarta Selatan, pengunjung bisa naik KRL dan turun di Stasiun Kebayoran atau menggunakan TransJakarta dari Halte Pasar Kebayoran ke arah Lebak Bulus.

8. POPKI Sport Hall Cibubur
Tiga stasiun terdekat POPKI Cibubur yakni Stasiun Universitas Pancasila, Stasiun Universitas Indonesia, dan Stasiun Pondok Cina. Ketiganya termasuk relasi Jatinegara-Bogor dan Jakarta Kota-Bogor.

Baca juga: BPTJ Siapkan Bus Gratis Bagi Tamu Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang

9. Stadion Patriot Candrabaga
Bekasi Stadion sepakbola ini terletak tak jauh dari Stasiun Bekasi. Namun Anda bisa juga turun di Stasiun Cawang, lanjut naik Transjakarta ke arah Pinang Ranti atau PGC 2, transit di BNN untuk naik Transjakarta B11 ke arah Summarecon Bekasi, turun di RS Mitra Keluarga yang ada di sebelah Stadion Patriot.

10. Stadion Wibawa Mukti
Cikarang Stasiun KRL commuter line yang terdekat dari stadion ini yakni Stasiun Cikarang relasi Bekasi. Jaraknya sekitar 11 kilometer.

Leave a Reply