Tak Jadi Beroperasi Tahun Ini, Pabrik PT INKA di Banyuwangi Dibuka Tahun 2020

Kereta Buatan PT INKA untuk Bangladesh. Sumber: anekainfounik.files.wordpress.com

Sudah setahun fasilitas pabrik baru milik PT Industri Kereta Api (INKA) mulai di bangun di Banyuwangi. Rencananya tahun 2019 ini sudah mulai beroperasi, namun bagaimana progresnya setelah setahun dan apakah sudah bisa mulai dioperasikan?

Baca juga: Tahun 2019, Pabrik PT INKA di Banyuwangi Mulai Beroperasi

Dilansir dari laman railway-technology.com (3/4/2019), ternyata pabrik ini sendiri akan benar-benar beroperasi pada tahun 2020 mendatang dengan mempekerjakan dua ribu orang. Selain itu juga PT INKA membuka program pelatihan terbuka di Politeknik Banyuwangi yang akan dioperasikan oleh produsen kereta api.

Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara Indonesia Imam Apriyanto Putro mengatakan pabrik baru di Banyuwangi ini sendiri akan memproduksi kereta api dengan teknologi terbaru. Dia mengatakan, pihaknya memutuskan mengembangkan pabrik baru INKA di Banyuwangi karena kabupaten tersebut memiliki pelabuhan dan hal ini bisa menurunkan biaya.

“Perusahaan sudah bekerja sama dengan perusahaan pembuat kereta api Swiss Stadler Rail Group untuk memproduksi kereta,” tambah Imam.

Nanti fasilitas baru ini sendiri digadang-gadang akan mampu memproduksi empat gerbong kereta setiap harinya. Ini akan menjadi empat kali lebih tinggi dari kapasitas pabrin INKA di Madiun, Jawa Timur. Pabrik baru ini akan dijadikan pabrik kereta api berbahan dasar stainless steel dan aluminium

Diketahui, pembangunan pabrikan kereta api baru ini memiliki nilai investasi yang fantastis yakni Rp1,6 triliun. Memiliki luas 83 hektar yang nantinya mampu menghasilkan kereta atau rolling stock yang akan diekspor ke beberapa negara.

Presiden Direktur PT INKA Budi Noviantoro mengatakan, saat ini pihaknya sudah mendapat beberapa pesanan baik dari dalam yakni PT KAI maupun dari pihak luar negeri seperti Sri Lanka sebanyak 250 gerbong dengan nilai US$100 juta. Tak hanya itu PT INKA juga tengah mengerjakan pesanan kereta dari Bangladesh yang sebagian sudah dikirim.

Baca juga: PT INKA: Di Lebaran 2019 Akan Ada Kereta Tampilan Baru untuk PT KAI

Pihak INKA juga masih ada tender dari Zambia, Nigeria serta pesanan kereta dari beberapa negara di ASEAN. PT INKA sendiri juga berencana untuk berekspansi ke pasar Australia, Taiwan dan Afrika.

Terkait pabrik baru milik PT INKA di Banyuwangi, saat KabarPenumpang.com mencoba menghubungi pihak Humas, Kamis (4/4/2019), hingga kini belum ada tanggapan atau respon yang pasti.