Tak Lagi Gratis, Ini Harga Makanan dan Minuman di Maskapai Eropa

0
Sumber: istimewa

Saat ini maskapai internasional dengan rute penerbangan jarak pendek tak lagi memberikan secara cuma-cuma alias gratis makanan dan minuman. Sehingga penumpang harus membayar ekstra untuk sandwich (roti lapis) ataupun segelas anggur (wine).

Baca juga: Singapore Airlines Pertimbangkan Sajian Makanan ‘On Demand’ di Kelas Bisnis

Karena harus membayar, banyak penumpang yang menganggap ini berarti mengeluarkan biaya tambahan berlebih. Namun, bila harus membeli makanan atau wine maskapai mana yang memiliki harga paling terjangkau?

KabarPenumpang.com melansir dari laman thesun.ie (6/2/2020), menurut penelitian yang dilakukan Jetcost, bila mencari minuman murah baiknya pilih terbang bersama Eurowings atau Wizz Air. Dua maskapai ini dipilih karena situs perbandingan penerbangan melihat empat harga item berbeda yang ditawarkan 12 maskapai penerbangan yang mengoperasikan rute jarak pendek di Eropa.

Empat item berbeda itu yakni makanan utama seperti sandwich atau toastie, minuman panas dengan kue atau cemilan, bir atau awine. Ditelisik setelah dibagi per item yang pertama harga bir dalam penerbangan Eropa ternyata Flybe menjadi yang paling mahal menjual sekaleng ukuran 330 ml dengan harga £5,50 atau setara dengan £9,74 untuk satu liternya.

Harga bir termahal selanjutnya ada pada maskapai Norwegia, Jet2, TUI, esayJet dan British Airways yakni £4,50. Sedangkan untuk sekaleng bir termurah dengan harga £2,97 dijual oleh maskapai Eurowings dan £5,11 untuk ukuran satu liter.

Vueling dan Wizz Air juga menawarkan bir yang relatif murah masing-masing seharga £3,05 dan £3,81. Sedangkan untuk wine Wizz Air menjualnya untuk botol 187 ml dengan harga £3,81 dan menjadi satu-satunya maskapai yang menjual dengan harga di bawah £4.

Aurigny mengenakan biaya £4, Eurowings £4,24 dan easyJet serta Jet2 dengan harga £4,50 per botol. Penjualan wine termahal dengan ukuran botol yang sama adalah maskapai TUI yakni £6 dan Norwegia serta Flybe sama-sama mengenakan biaya £5,50.

Selain minuman, Jetcost juga menelisik harga dari makanan dan minuman panas yang disertai kudapan atau cemilan. Ternyata Aurigny tidak memiliki pilihan makanan utama, dan British Airways tidak mencantumkan pilihan kue jadi keduanya dikeluarkan.

Dari maskapai yang termasuk, Norwegia adalah yang paling mahal di £8,50 untuk makanan utama dan kedua yang paling mahal untuk camilan di £4,24. Wizz Air menawarkan harga terbaiknya, dengan penawaran makanan utama termurah di £5,09 dan satu-satunya di bawah £6 dan harga camilan juga cukup baik pada £3,81.

Baca juga: Lagi Enak Makan Cemilan, Tiba-Tiba Seekor Anjing ‘Nimbrung’ di Celah Kursi Pesawat

Sementara Eurowings menawarkan beberapa minuman keras termurah, itu sebenarnya cukup mahal untuk kesepakatan camilan kombinasi minuman panas dan camilan keluar menjadi £ 4,66 dan merupakan yang paling mahal dari semua maskapai. Untuk camilan termurah, cobalah Aurigny (£3,50) atau Jet2 (£3,55).

Leave a Reply