Tak Mau Keluarkan Biaya Ekstra Karena Kelebihan Bagasi? Yuk Disimak Tipsnya!

Airchive.com

Melancong atau traveling menjadi salah satu hal yang paling menyenangkan. Biasanya bagi pelancong yang bepergian dengan pesawat sudah ahli dalam menyusun isi koper maupun tas mereka. Apalagi bila memiliki durasi perjalanan yang cukup lama, akan ada banyak barang yang harus dan di bawa karena demi kenyamanan perjalanan.

Baca juga: Agar Perjalanan Nyaman, Packing Pakaian Itu Harus Efisien

Untuk memuat barang bawaan, Anda membutuhkan koper atau tas yang tepat dalam artian semua barang yang dibutuhkan bisa masuk dan tersusun rapi serta tetap dalam kondisi baik. KabarPenumpang.com merangkum dari laman travelfashiongirl.com ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk memilih koper atau tas yang akan bawa dalam perjalan.

1. Sesuai kebutuhan dan ukuran yang tepat
Sebagai seorang pelancong, dalam bepergian biasa akan membawa koper atau tas dengan ukuran yang sesuai. Bila sesuai dengan kapasitas bagasi yang diizinkan maskapai, maka Anda tidak lagi akan dikenakan tambahan biaya. Biasanya ukuran akan dihitung dalam sentimeter dan ada beberapa ukuran koper yang biasa digunakan ketika bepergian.
a. 16″ (30x17x47cm), ini biasa digunakan untuk bepergian dalam jangka waktu 1-3 hari dan bisa masuk dalam kabin.
b. 20″ (37x22x56cm), dengan ukuran sedang, koper ukuran ini mampu memuat banyak barang dan berat yang bisa ditampung hingga 16 kg.
c. 22″ (38x22x48), meski berukuran sedang koper ini bisa membawa barang 16-20 kg dan cukup untuk barang lebih dari lima hari.
d. 24″ (43x23x63cm), barang yang mampu dimuat dalam koper ini mencapai 26 kg dan biasanya digunakan untuk bepergian 5-7 hari.
e. 28″ (47x32x73cm), ukuran koper ini cukup besar dan biasa digunakan untuk perjalanan lebih dari seminggu dan bisa memuat barang seberat 35 kg.

2. Pilih bahan yang tepat
Dengan banyaknya barang yang Anda bawa, jangan lupa pilih bahan yang tepat untuk koper atau tas Anda. Apalagi jika masuk dalam bagasi pesawat agar koper atau tas tak mudah rusak. Koper yang terbuat dari bahan polycarbonate atau plastik keras dan kuat, layak untuk di pilih. Selain itu bahan ini cukup ringan meski rentan rusak saat proses pengangkutan. Anda juga bisa memilih bahan polyester atau nylon. Sebab bahan-bahan ini bisa dibawa dengan mudah dalam kabin dan cukup tahan lama untuk digunakan. Yang terpenting gunakan koper atau tas anti air sehingga barang di dalamnya tetap kering selama perjalanan.

3. Pengaman dan roda koper
Jika bepergian menggunakan koper, pilih yang nyaman untuk Anda bawa. Sebab koper memiliki dua jenis roda yakni spinner atau empat roda dan upright atau dua roda. Koper dengan empat roda biasanya lebih mudah bergerak meskipun ada beban tambahan di atas koper. Berbeda dengan roda dua, ini akan cukup menyulitkan jika ada barang tambahan di atas koper. Tak hanya itu, jangan lupakan pengamanan pada koper, karena ini salah satu yang wajib. Pilihan koper dengan kunci pengaman Travel Sentry Approved (TSA) yang memenuhi standar keamanan internasional agar koper tetap aman sepanjang masa.

Baca juga: Baca Ini Dulu Sebelum Anda Beli Koper

4. Kualitas, harga dan garansi
Harga bagus, pasti kualitas juga bagus dan biasanya juga punya garansi bahkan ada pemberian garansi penuh alias 100 persen bila barang rusak. Anda bisa membeli koper di tokonya langsung ataupun online. Bila masih takut barang tersebut tidak sesuai harapan atau palsu, dengan langsung ke tokonya Anda bisa memilih sesuai keinginan dan bentuknya. Terkadang ada diskon atau promo, Anda bisa memanfaatkannya untuk koper atau tas yang dibutuhkan. Jangan lupa pertimbangkan layanan garansi, ini agar terhindar dari berbagai risiko yang mungkin terjadi pada koper atau tas Anda.