Tak Perlu Bawa Surat Hasil Test Covid-19 atau Vaksin, Emirates Gandeng IATA Hadirkan Travel Pass

0
Ilustrasi Travell Pass Emirates yang bekerja sama dengan IATA

Berbagai macam cara dilakukan untuk memudahkan persyaratan bepergian dengan pesawat dan masuk ke dalam suatu negara di masa pandemi. Salah satunya dengan Paspor Covid yang membuktikan bahwa penumpang memiliki hasil tes Covid-19 atau sudah divaksin.

Baca juga: Gegara Corona, 21 Wilayah di Rusia Meminta Izin Akses Travell Pass Digital ala Moskow

Paspor Covid baru tengah dalam uji coba yang nantinya dapat membantu serta memudahkan penumpang untuk menavigasi berbagai aturan saat bepergian termasuk persyaratan tes Covid-19. Dilansir KabarPenumpang.com dari mirror.co.uk (19/1/2021), saat ini maskapai Emirates yang bermitra dengan Asosiasi Tansportasi Udara Internasional (IATA) menguji IATA Travel Pass yang merupakan Paspor Covid.

Ini adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda menyimpan informasi penting seperti hasil tes Covid-19 yang negatif dan informasi terkait penerimaan vaksin. Untuk memudahkannya, pelancong bisa mengikuti tes Covid-19 di lab bersertifikat dan hasilnya akan dikirimkan ke aplikasi seluler yang kemudian dapat mereka bagikan dengan pihak berwenang maupun maskapai penerbangan ketika akan bepergian.

Aplikasi ini juga diatur untuk menawarkan fitur yang sama bagi mereka yang sudah memiliki bukti bila sudah di vaksin Covid-19. Platform ini juga memungkinkan laboratorium dan pusat pengujian resmi untuk mengirimkan hasil tes dan sertifikat vaksinasi dengan aman kepada penumpang.

Saat ini Travel Pass IATA akan diujicobakan oleh Emirates pada penerbangan dari Dubai mulai April 2021. Kemudahan lainnya yang bisa didapatkan pelancong adalah mereka yang mengggunakan pesawat Emirates, bisa membagikan hasil tes Covid ataupun vaksin mereka sebelum tiba di bandara.

Hal ini bisa membuat penumpang secara otomatis masuk ke dalam sistem check in. Meski dimudahkan dengan Travel Pass, penumpang tetap harus membawa dokumen mereka seperti paspor dan visa yang relevan serta yang lainnya.

Nick Careen, Wakil Presiden Senior IATA untuk Bandara, Penumpang, Kargo, dan Keamanan mengatakan bahwa izin baru adalah langkah pertama dalam membuat perjalanan internasional selama pandemi menjadi senyaman mungkin, sehingga orang-orang yakin bahwa mereka memenuhi semua persyaratan masuk Covid-19 oleh pemerintah.

Ini bukan pertama kalinya aplikasi semacam ini diujicobakan. Tahun lalu, tiket digital serupa diujicobakan pada penerbangan yang dioperasikan oleh United Airlines dan Cathay Pacific, dengan para penumpang yang menjadi sukarelawan untuk skema tersebut.

Baca juga: Singapore Airlines Hadirkan Layanan Verifikasi Digital Covid-19 yang Juga Bisa Jadi ‘Paspor Vaksin’

“Meskipun perjalanan internasional tetap aman seperti sebelumnya, ada protokol baru dan persyaratan perjalanan dengan pandemi global saat ini. Kami telah bekerja sama dengan IATA dalam solusi inovatif ini untuk menyederhanakan dan mengirimkan secara digital informasi yang diperlukan oleh negara dan pemerintah ke dalam sistem maskapai kami, dengan cara yang aman dan efisien,” kata Chief Operating Officer Adel Al Redha Emirates.

LEAVE A REPLY