Tata Ultra Electric, Revolusi Bus Listrik dari India

0
BulListrik Tata Motors

Tata Motor, perusahaan otomotif dari India, baru-baru ini telah menguji coba bus listriknya di Chandigarh, sebelumnya Tata Motors sudah melakukan uji coba bus listrik perdananya dari Parwanoo ke Shimla. Dilansir KabarPenumpang.com dari auto.economictimes.indiatimes.com (19/6/2017), bus listrik Tata Ultra Electric dengan panjang 9 meter ini mampu menampung 31 penumpang dan sanggup beroperasi selama 15 hari.

Baca juga: Tata Motors Luncurkan Bus Bertransmisi Ganda

Dalam uji coba tersebut Tata Motors bekerjasama dengan Chandigarh Transport Undertaking (CTU), Departemen Perhubungan Negara dan bagian Administrasi Chandigarh. Dari ide yang diusung, sebenarnya proses pengenalan bus listrik ini adalah salah satu rencana dari konsep Smart City.

Tata Motors mengklaim bahwa bus ini memiliki performa yang sangat baik dan mampu menempuh jarak 160 km dalam keadaan bus penuh. Dr AK Jindal, Kepala Pusat Penelitian Teknik Tata Motors mengatakan, Tata Motors berpartisipasi dalam uji coba serupa yang saat ini sedang berlangsung di Ngapur.

Dimana bus tersebut baru-baru ini ditandai oleh Kementerian Perhubungan Jalan Raya dan Pemerintah Maharashtra. Sebenarnya uji coba ini merupakan bagian dai strategi Tata Motors yang lebih besar untuk hadir dengan kendaraan listriknya apalagi dengan proposi nilai terbaik di kelasnya membantu untuk lebih memehami kebutuhan pelanggan dalam operasi yang berbeda.

Baca juga: Hilang dari Damri, Tata Hadir di Kopaja

Uji coba di Chandigarh menunjukkan hasil yang menggembirakan dengan kecepatan 143 km yang mencakup sekitar 70 persen dari biaya. Percobaan ini adalah bagian dari agenda Kementerian Transportasi Jalan untuk eletrifikasi transportasi umum. Hal ini membuat Tata Motors bersiap dengan jangkauan kendaraan listriknya dari panjang 9 meter dan 12 meter dengan berbagai konfigurasi tempat duduk.

“Tata Motors juga bekerja sama dengan berbagai kelompok studi yang dibentuk oleh pemerintah pusat untuk mengerjakan berbagai model bisnis untuk mengoperasikan kendaraan listrik dan untuk mengoptimalkan ekonomi keseluruhan bus ini, untuk solusi yang benar-benar dibuat di India,” tambah Dr Jindal.

Tata Motors telah bekerja menuju hibridisasi dan elektrifikasi transportasi penumpang untuk sementara waktu sekarang dan telah mengembangkan teknologi ini. Set pertama bus hibrida lantai rendah akan segera dikirim ke Mumbai Metropolitan Region Development Authority (MMRDA), dimana persetujuan untuk permulaan pasokan baru-baru ini diterima dari mereka untuk 25 bus tersebut. Ini adalah pesanan tunggal terbesar yang diberikan untuk teknologi kendaraan listrik hybrid di India yang mengklaim perusahaan tersebut.

Baca juga: 10 Poin Penting Sistem Keselamatan di Bus

Tata Motors, di antara 10 produsen truk dan bus teratas di dunia baru-baru ini meluncurkan dan memamerkan berbagai kendaraan transportasi umum massal di India, mengulangi komitmen perusahaan terhadap solusi teknologi dan mobilitas cerdas dan hijau. Perusahaan ini baru saja memamerkan berbagai kendaraan umum transportasi massal di India.

Di antara perusahaan tersebut, mereka meluncurkan bus Starbus Electric berukuran 9 meter dan 12 meter, serta memamerkan kendaraan komersial kecil berbahan bakar Hidrogen 12 dengan ukuran 12 meter. Semuanya dirancang, dikembangkan dan didukung oleh bahan bakar alternatif, untuk memenuhi kebutuhan transportasi penumpang saat ini dan masa depan di smart city.

Leave a Reply