Tekan Angka Kecelakaan, London Uji Coba Sistem Rem Otonom Pada Bus Umum

sumber: 1.bp.blogspot.com

Mengingat faktor keselamatan berkendara memegang pengaruh penting di dalam setiap moda transportasi, maka dari itu Transportation for London (TfL) berencana untuk menguji sebuah teknologi baru yang akan menjadi terobosan dalam berkendara. Sistem pengereman otomatis dan sistem peringatan merupakan terobosan yang diharapkan dapat menunjang keselamatan dalam berkendara, bukan hanya di moda transportasi umum, melainkan pula di kendaraan pribadi. Sudah banyak kasus kecelakaan yang diakibatkan oleh sistem pengereman yang tidak berjalan dengan baik.

Baca Juga: Routemaster, Si Double Decker Merah Ikon Kota London

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman digitallook.com (16/8/2017), Walikota London, Sadiq Khan berencana untuk memberangus kasus kecelakaan yang sudah banyak menelan korban jiwa tersebut pada tahun 2030 mendatang. Teknologi baru ini akan diuji coba dengan melibatkan sejumlah teknisi dan para ahli terkemuka dari Transport Research Laboratory di Wokingham, sebuah kota belanja historis di Berkshire, 63 mil sebelah barat kota London, Inggris.

Adapun fokus uji coba ini adalah sistem pengereman darurat otonom, dimana sistem ini memungkinkan bus mendeteksi keadaan sekitar. Sementara itu, sistem peringatan lebih ditujukan untuk meningkatkan kewaspadaan para pejalan kaki akan kehadiran bus. Kedua terobosan ini secara tidak langsung akan merubah ulang desain bus untuk meminimalisir dampak tabrakan di bagian depan bus. Perubahan ini juga diharapkan mampu meningkatkan keselamatan penumpang serta memperbaiki visibilitas dari sisi pengemudi, termasuk pergantian desain cermin menjadi lebih baik.

Direktur Transportasi Darat TfL, Leon Daniels mengatakan langkah ini ditempuh dalam upaya untuk mengurangi tingkat kecelakaan di jalan. “Kami bertekad untuk menekan angka kecelakaan yang selama ini terjadi di London, baik yang memakan korban luka hingga nyawa,” ungkap Leon. “Kami juga ingin meningkatkan kenyamanan para pejalan kaki dan pesepeda, tidak hanya nyaman, tapi juga aman,” tambahnya.

Baca Juga: Citymapper Temani Penumpang di London dengan Layanan Bus Malamnya

Kelak, hasil uji coba akan dicantumkan ke dalam standar keselamatan bus yang baru, yang nantinya akan dimasukkan ke dalam kontrak dengan operator bus di akhir tahun 2018. Di sisi lain, Valerie Shawcross selaku Deputy Mayor dari TfL mengatakan keselamatan dalam berkendara serta kenyamanan pengguna jalan merupakan hal terpenting yang tidak boleh dikesampingkan. “Tidak ada yang lebih penting bagi kami selain keamanan dan kenyamanan warga London,” ungkapnya dilansir dari sumber yang sama. “Kami akan melakukan yang terbaik untuk membuat jalan-jalan di London lebih aman dari tindakan-tindakan yang dapat merugikan orang banyak dan mengancam keselamatan para pengguna jalan, termasuk penumpang di dalam bus.” tutupnya.