Tekan Penyebaran Covid-19, Stasiun Kereta di India Terapkan ‘Pembersihan’ Barang Bawaan dengan Sinar Ultra Violet

0
Sumber: newindianexpress.com

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, virus corona dapat menempel dan bertahan di benda mati, dan ketika berbicara tentang moda transportasi, Covid-19 dapat bertahan selama beberapa jam di barang bawaan penumpang. Ironisnya, kebanyakan pemeriksaan Covid-19 di pra sarana transportasi baru sebatas pengecekan kondisi kesehatan setiap penumpang, sementara barang bawaan seperti tas dan koper luput dari pengawasan.

Baca juga: Isolasi Diri dari Pandemi Covid-19, Seorang Pria Tinggal di Stasiun Kereta Api

Sekalipun ada pengawasan pada barang bawaan, umumnya fokus petugas lebih kepada soal keamanan, seperti isi barang bawaan yang harus sesuai ketentuan. Dan berangkat dari terus melonjaknya angka penderita Covid-19 di India, belum lama ini KSR Bengaluru Railway Station melakukan langkah taktis untuk menekan penyebaran Covid-19, dimana ada kewajiban bagi setiap penumpang, bahwa sebelum bisa naik ke gerbong, maka semua barang bawaan penumpang sudah harus dalam kondisi bersih.

Dikutip dari newindianexpress.com (26/7/2020), disebut langkah konkrit yang dilakukan operator kereta adalah menerapkan penggunaan Ultra Violet Baggage Bath, persisnya setiap barang bawaan penumpang, seperti tas dan koper yang akan masuk ke dalam kompartemen gerbong harus di-sterilkan menggunakan sinar ultra violet untuk mematikan virus dan bakteri.

“Ini akan berdampak luas dalam penghentian penyebaran virus. Penumpang dapat mengambil bagasi mereka sebelum mereka naik kereta dan jika mereka mau bahkan setelah turun dari kereta,” ujar AN Krishna Reddy, Manajer Komersial Bengaluru Railway. Masih dari sumber yang sama, dikatakan sistem ulta violet di stasiun ini dikembangkan oleh startup yang berbasis di Chennai.

Sinar ultra violet akan mendisinfeksi virus, bakteri, semua jenis kuman dan patogen dari permukaan barang bawaan penumpang. Ini akan mengurangi cara tidak langsung penularan virus Covid-19 dari barang bawaan ke penumpang. Dalam prosedurnya, koper yang telah di-steril akan diserahkan kembali kepada penumpang dengan stiker yang ditempel di atasnya untuk menandai bahwa koper telah didisinfeksi.

Proses desinfeksi barang bawaan penumpang akan tersedia gratis untuk umum selama bulan pertama peluncuran. “Perubahan nominal akan dikenakan nanti setelah menilai biaya operasional,” tambah Reddy. Jika uji coba dinyatakan berhasl, selanjutnya Ultra Violet Baggage Bath akan dipasang di Stasiun Yesvantpur.

Baca juga: Keren, Teknologi di Bandara Qatar Mungkinkan Penumpang Lewati X-Ray Tanpa Keluarkan Barang Elektronik

Langkah lain untuk meningkatkan keselamatan penumpang kereta dengan penyediaan lima vending machine nirsentuh yang akan memasok masker, perlengkapan APD, dan alat kebersihan lain di stasiun kereta KSR Bengaluru, Yesvantpur, dan Bengaluru Cantonment.

Leave a Reply