Teknologi yang Terpasang di Bus ini Mampu Lacak Keberadaan Siswa, Lho!

Sumber: foxbusiness.com

Satu lagi efek perkembangan jaman yang mulai merambah dunia pendidikan. Kini, para orang tua tidak perlu lagi khawatir dengan anaknya yang pernah ketahuan membolos. Para orang tua juga bisa sedikit bernapas lega dengan kehadiran teknologi ini, karena sistem berteknologi tinggi ini bisa melacak buah hatinya. Mengingat tindak penculikan seakan menjadi momok menakutkan bagi para orang tua yang melepas anaknya pergi ke sekolah sendiri.

Baca Juga: Teknologi Low-Floor Mudahkan Penumpang Difabel Naik Bus

Beberapa sekolah di Texas meluncurkan sebuah tanda pengenal berteknologi tinggi untuk melacak keberadaan siswa di bus. Teknologi bernama Smart Tag tersebut diluncurkan untuk memastikan apakah para siswa benar benar naik bus atau tidak. Smart Tag juga dirancang untuk memantau dengan tepat dimana dan kapan siswa terakhir naik atau turun bus.

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman foxbusiness.com (4/8/2017), perangkat canggih ini menggunakan teknologi Radio Frequency Identification Device (RFID) dan tablet cloud-connect yang memungkinkan orang tua dan pihak sekolah untuk mendapatkan informasi real-time via email. Diketahui, salah satu sekolah independen di Texas, ISD Midlothian akan menggunakan teknologi ini di tahun ajaran mendatang.

Selain kegunaannya untuk melacak keberadaan murid-muridnya, all-in-one badge ini juga bisa digunakan untuk meminjam buku di perpustakaan dan jajan ketika jam istirahat tiba. Sementara itu, Chief Communication di ISD Midlothian, Karen Permetti mengatakan sistem ini akan melacak kedatangan siswa di bus, menginformasikan para pengemudi, dan memastikan para siswa yang naik ke dalam bus turun di halte yang tepat.

Baca Juga: Berteknologi Radar, Inilah Bus Masa Depan dari Mercedes-Benz

“Tidak hanya itu, jika di tengah perjalanan bus mengalami kendala, maka bus cadangan akan datang ke lokasi kejadian dan melanjutkan trayek bus yang bermasalah tersebut,” tuturnya. “Sistem ini juga akan menginformasikan kepada para orang tua murid setidaknya dua menit sebelum bus tiba di tempat pemberhentiannya,” tambah Karen.

Adapun gagasan mengenai kehadiran teknologi canggih ini berasal dari pihak orang tua murid yang bersinergi dengan komite keamanan masyarakat, sehingga mereka bisa meningkatkan pelayanan kepada para pelanggannya dari segi keamanan moda, dan memberikan informasi real-time dalam situasi darurat.

Baca Juga: Peduli Polusi, Hyundai Hadirkan Bus Listrik Untuk Tekan Pencemaran Lingkungan

Sudah barang tentu, teknologi ini juga memasukkan GPS yang berfungsi untuk memantau kelancaran lalu lintas dari rute yang dilewati, sehingga tidak ada lagi cerita mengenai siswa yang ketinggalan bus. “Para orang tua sangat antusias dengan fitur keamanan yang disempurnakan ini. Terlebih untuk orang tua yang buah hatinya masih duduk di TK, mereka bisa memantau apakah anaknya naik ke bus yang tepat atau tidak,” terang Permetti.

Diperkirakan, sistem keamanan yang baru ini akan menghabiskan biaya sekitar US$100.000 dan pengemudi bus diharapkan mendapatkan pelatihan sebelum musim sekolah dimulai.