Terbang Perdana 15 Mei, Lion Air Gantikan Batik Air Layani Penerbangan ke Bandara YIA

0

Sebelumnya dijadwalkan Batik Air akan memulai penerbangan perdana ke Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) pada hari Jumat ini, 10 Mei 2019. Namun ada kabar bahwa penerbangan Batik Air diganti dengan Lion Air. Penggantian ini juga merubah tanggal penerbangan perdana, yaitu direncanakan pada Kamis, 15 Mei 2019.

Baca juga: Lebaran 2019, Seluruh Extra Flight ke Bandara Adisutjipto Dialihkan ke Bandara YIA

Update tersebut disampaikan Humas PT Angkasa Pura II kepada KabarPenumpang.com (10/5). Lebih jauh belum didapatkan informasi rute asal dan frekuensi penerbangan yang akan dilayani Lion Air ke Bandara YIA. Semmentara Batik Air sebelumnya menyebut akan menawarkan empat rute ke Bandara YIA, yaitu dari Denpasar, Palangkaraya, Samarinda, dan Jakarta.

Sejauh ini penerbangan komersial ke Bandara YIA baru dilakukan oleh maskapai Citilink, yang memulai penerbangan perdana pada 6 Mei lalu. Setiap harinya Citilink baru melayani satu kali frekuensi dari Bandara Halim Perdanaksuma ke Bandara YIA.

Dari pemberitaan sebelumnya, Lion Air diwartakan masih kesulitan mendapatkan slot penerbangan ke Bandara YIA. Lion Air Group sendiri telah mengajukan izin slot penerbangan untuk Batik Air, Lion Air dan Wings Air.

Dikutip dari tribunnews.com (28/4/2019), perwakilan Lion Air disebutkan berminat membuka rute baru Denpasar-Yogyakarta yang mendarat di YIA. Mereka sudah memperoleh izin rute ke YIA, namun masih memerlukan prosedur cukup panjang di otoritas bandara Kemenhub untuk memperoleh slot penerbangan di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai yang sangat padat.

Baca juga: Disambut Water Salute, Citilink QG-132 Lakukan Penerbangan Komersial Perdana ke YIA

Maskapai juga mempertimbangkan waktu tepat dalam menentukan jam beroperasi, mengingat padatnya jadwal di bandara asal (Ngurah Rai-red). Berbeda dengan YIA. Slot penerbangan untuk YIA terbuka lebar. Maskapai bisa memperoleh slot penerbangan di YIA dalam waktu relatif cepat. “Mereka (Lion Air) meminta paling tidak tanggal 10 Mei sudah siap,” kata General Manager Bandar Udara Internasional Adisutjipto, Agus Pandu Purnama

Leave a Reply