Terbengkalai, Terowongan Kereta Ini Disulap Jadi Kolam Renang

republikas.co.id

Pernah membayangkan apa yang terjadi pada terowongan kereta bawah tanah (subway) tak terpakai? Pastinya Anda akan mengatakan terowongan itu akan kosong dan menjadi tempat yang menakutkan apalagi bila terowongan itu memiliki kisah seram saat masa jayanya. Di Paris, justru terowongan kereta yang telah di tinggalkan bisa menjadi satu tempat yang asyik dan unik.

grist.org
grist.org

Dilansir dari grist.org, terowongan kereta yang ditinggalkan atau tak terpakai lagi dibuat menjadi sebuah klub malam, dan kolam renang. Salah satunya stasiun kereta bernama Arsenal yang sudah di tinggalkan selama 75 tahun dan akan dibuat menjadi sebuah kolam renang yang elegan.

Kandidat Walikota Paris bernama Nathalie Kosciusko-Morizet saat berkunjung ke stasiun Arsenal mengusulkan untuk menghidupkan kembali stasiun ini dan tujuh stasiun metro lainnya yang dianggap berhantu. Nantinya jika terpilih, selain sebagai walikota perempuan pertama di kota tersebut akan membuat stasiun yang terbengkalai menjadi lebih ramai seperti masa jayanya dulu.

grist.org
grist.org

Tak hanya membuat klub malam ataupun kolam renang, delapan stasiun yang sudah tak terpakai ini akan dibuat restoran, galeri seni, dan hal lainnya agar terowongan kereta ini tak terbengkalai.

Salah seorang blogger di Paris bernama Messy Nessy mengatakan, stasiun-stasiun terbengkalai ini bukan tutup karena berhantu, melainkan kurangnya masyarakat dalam menggunakan transportasi metro atau kereta. Menurutnya, kadang ada beberapa wisatawan yang sama sekali tidak tahu bahwa ada terowongan kereta di Paris.

grist.org
grist.org

Messy menambahakan, selain stasiun Arsenal, ada tujuh stasiun lainnya yang akan dibangun dan dihidupkan kembali untuk menjadi sebuah tempat baru yakni Champ de Mars, Porte Molitor, Haxo, Croix Rouge, Porte des Lilas, Saint Martin, dan Martin Nadaud. Mantan menteri Ekologi Perancis memiliki kenalan arsitek bernama Manal Rachdi dan Nicolas Laisné sudah membutkan sketsa yang bisa menjadi kenyataan jika Kosciusko-Morizet menang.

grist.org
grist.org

Dulunya stasiun Arsenal ini dibanguntahun 1906 di 4th Arrondissement, Paris dan tutup tahun 1936. Setelah tutup stasiun ini digunakan oleh RATP, operator transportasi Paris sebagai tempat pembuangan barang dan alat-alat percobaan.