Terlambat Karena Masalah Teknis, Azuma High Speed Train Kini Resmi Layani Rute London–Leeds

Azuma High Speed Train. Sumber: bbc.com

Anda masih ingat dengan Azuma, asal Jepang yang siap untuk menjajal jaringan kereta api di Inggris di tahun 2018 kemarin? Ya, kendati sempat mengalami keterlambatan, namun kereta berkecepatan tinggi ini dikabarkan sudah siap unuk beroperasi di Tanah Britania Raya. Menurut informasi, kereta yang akan mengular dari London menuju Leeds yang berada di tengah-tengah Inggris sudah mulai melakoni operasi pertamanya pada Rabu (15/5/2019). Berdasarkan isu yang berkembang, nantinya jalur kereta cepat ini sendiri akan diperpanjang hingga ke Skotlandia.

Baca Juga: Azuma Virgin, Kereta Cepat Ramah Lingkungan di Inggris, Mengular di 2018

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman asia.nikkei.com (15/5/2019), ketua London North Eastern Railway (LNER), Robin Gisby mengatakan bahwa kinerja tinggi yang dihasilkan oleh Azuma ini dipercayai mampu menandingi sektor aviasi. Pria yang berperan sebagai pemesan kereta Azuma ini juga melihat pemintaan yang cukup signifikan dari sektor bisnis dan pariwisata.

Dalam bahasa Jepang sendiri, Azuma memiliki arti “Timur”. Robin menambahkan bahwa kereta berkecepatan tinggi ini mampu meminimalisir getaran saat kereta melaju dalam kecepatan sangat tinggi. Azuma dapat melaju dengan menggunakan bahan bakar diesel ketika jalur yang mereka lintasi tidak dialiri oleh listrik.

Interior dari Azuma High-Speed Train. Sumber: bbc.com

“Ini akan meningkatkan efisiensi kepada setiap operator yang mengoperasikannya,” ujar Robin.

“Pun dengan jadwal operasi kereta yang jauh lebih fleksibel,” tandasnya.

Pihak LNER sendiri memamerkan kereta anyar ini di King’s Cross pada hari Selasa (14/5/2019) kemarin.

Mengutip dari laman sumber lain, sebenarnya rencana perilisan kereta berkecepatan tinggi ini awalnya akan digelar ada bulan Desember 2018 kemarin, namun dikarenakan masalah teknis, maka peluncurannya terpaksa diundur hingga Mei 2019 ini.

Baca Juga: Aeroliner3000, Konsep Kereta Cepat Inggris dengan Double Decker

Terhitung sejak pertama kali dikenalkan ini, rencananya LNER akan menambahkan kuantitas dari Azuma High-Speed Train dari 45 menjadi 65 kereta pada akhir tahun 2020 mendatang.

Azuma yang mulai melakoni perjalanan perdananya ini mulai bertolak dari King’s Cross Station menuju Leeds pada pukul 11.03 waktu setempat – sedangkan perjalanan dari West Yorkshire kembali menuju King’s Cross dilakukan pada pukul 13.45 waktu setempat.