Jelang Olimpiade Musim Dingin 2018, Bandara Incheon Buka Terminal 2

Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan Terminal 2 (inhabitat.com)

Tak lama lagi Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan, akan digelar, tepatnya antara 9 hingga 25 Februari mendatang. Hajatan olahraga besar yang diikuti kontingen dari 90 negara tersebut jelas membutuhkan persiapan matang, termasuk dalam hal pra sarana transportasi. Seperti Bandara Incheon di Seoul akan membuka layanan penerbangan di Terminal 2.

Baca juga: Sambut Olimpiade Musim Dingin, LG Hadirkan Dua Robot Canggih di Bandara Incheon

Persisnya Terminal 2 di Incheon akan dibuka pada tanggal 18 Januari 2018. KabarPenumpang.com mengabarkan dari laman airport-technology.com (23/1/2018), terminal penumpang kedua di Incheon ini memiliki lima lantai dengan luas 384.336 meter persegi dan mampu menangani sekitar 18 juta penumpang per tahunnya.

Dengan dibukanya terminal kedua ini, setiap tahunnya bandara Incheon mampu menangani 72 juta penumpang dan lima juta ton kargo. Di Terminal 2, fasilitas yang tersedia sama dengan yang ada di Terminal 1 seperti meja self check in, pemindai full body, bea cukai, imigrasi dan lainnya. Selain itu Terminal dua memiliki pusat transportasi all inclusive dengan kereta api yang beroperasi ke Seoul, bus luar kota dan parkir jangka pendek untuk tempat menjemput penumpang.

Terminal 2 Bandara Internasional Incheon Korea Selatan (Airport Technology)

Uniknya, atap Terminal 2 bandara Incheon bukanlah atap biasa, melainkan dilengkapi dengan panel surya fotovoltaik untuk mengurangi konsumsi energi. Pihak Bandara Internasional Incheon juga telah menghadirkan standar keamanan tertinggi untuk keselamatan semua wisatawan.

Tak hanya memberi pengalaman unik, bandara Incheon juga dilengkapi dengan sleeping box, fasilitas olahraga, area games untuk penumpang transit, ruang terbuka yang luas di Great Hall yang membentang dari lantai B1 ke lantai tiga, dan area taman yang indah di luar terminal.

Terminal 2 bandara ini dilengkapi dengan sistem boarding otomatis serta sistem informasi tampilan penerbangan atau departures flight information display system (FIDS) untuk kedatangan dan keberangkatan. Saat ini, fase keempat ekspansi ke bandara sedang berlangsung. Ini termasuk landasan keempat dan upgrade ke komunikasi yang akan selesai pada tahun 2023.

Baca juga: Ini Dia Troika! Robot Canggih di Bandara Incheon, Korea Selatan

Otoritas Bandara Internasional Incheon berharap dapat berkembang setelah proyek selesai untuk memasukkan terminal ketiga dan landasan pacu kelima. Terminal baru ini akan mendukung Korean Air, KLM, Air France dan Delta.