Ternyata Ini Pesawat Narrowbody dengan Mesin Terbesar di Dunia, Dioperasikan Citilink dan Lion Air

0
VSMPO-Avisma, anak perusahaan Rostec (perusahaan milik Presiden Rusia Vladimir Putin) yang juga produsen titanium terbesar di dunia asal Rusia, memasok ke sekitar 300 perusahaan di 50 negara di dunia. Foto: Rostec

Di setiap lini di dunia dirgantara selalu ada jawaranya. Kategori pesawat komersial terbesar di dunia, misalnya, dipegang oleh Airbus A380. Begitu juga di kategori pesawat paling panjang di dunia, Boeing 777X adalah juaranya.

Baca juga: Mengenal GE9X Boeing 777X, Mesin Pesawat Terkuat di Dunia

Selain urusan panjang, Boeing 777X juga mendapat gelar sebagai pesawat jet dengan mesin terbesar dan terkuat serta paling efisien di dunia; General Electric GE9X. Mengingat pesawat yang terbang perdana pada 25 Januari 2020 itu adalah widebody, lantas, pesawat mana yang memegang gelar serupa (pesawat dengan mesin terbesar di dunia) di kelas narrowbody?

Setelah era De Havilland, Lockheed (divisi pesawat komersial), sampai McDonnell Douglas berakhir, praktis, di dunia, hanya ada dua produsen besar pesawat; Boeing dan Airbus.

Dilansir Simple Flying, di pangsa pasar narrowbody, Boeing jelas disebut merajai sektor ini, baik dari segi penjualan maupun hegemoni di pasar. Hal itu mungkin bisa disebut wajar, mengingat, Boeing 737 -lambang kesuksesan narrowbody Boeing- sudah menjalani first flight pada 1967 atau 20 tahun sebelum A320 menjalani first flight. Jadi, pada pertempuran Boeing 737 vs A320 dimenangi Boeing.

Namun, seiring perkembangan teknologi dan kemampuan produsen dalam melihat peluang ke depan serta arah keinginan maskapai -termasuk di dalamnya kecenderungan penumpang untuk bepergian- membuat peta persaingan di pangsa pasar narrowbody menjadi lebih seru.

Airbus bisa dibilang lebih unggul di masa mendatang. Dengan kehadiran A321XLR, pengembangan dari A320neo dan LR, serta di saat yang bersamaan 737 MAX masih belum terlalu greget, tak berlebihan bila memprediksi Airbus akan memimpin pasar ini di masa mendatang. Terbukti, dari segi penjualan, tahun lalu, Airbus berhasil melampaui Boeing.

Khusus untuk narrowbody Airbus A320neo, ternyata pesawat ini cukup spesial bukan hanya karena teknologi canggih dan efisiensinya, tetapi juga karena menyandang status sebagai pesawat dengan mesin terbesar di dunia.

Baca juga: Rusak Duopoli Boeing-Airbus, Cina Produksi Suku Cadang Mesin Pesawat Sendiri Mulai 2025

Di dunia, sejauh ini hanya ada dua mesin terbesar di kelas narrowbody; mesin CFM LEAP dengan ukuran 78 inci (198 cm) dan Pratt & Whitney Geared Turbofan (GTF) 1100G-JM P&W berukuran 81 inci (206 cm). Menariknya, kedua mesin tersebut digunakan di A320neo.

Selain jadi mesin pesawat narrowbody terbesar di dunia, mesin Pratt & Whitney Geared Turbofan (GTF) 1100G-JM P&W ini juga memiliki bilah kipas dengan rasio bypass tinggi dengan green rub strips. Ini membantu mengurangi gesekan dan kebisingan berlebih.