Mengenal GE9X Boeing 777X, Mesin Pesawat Terkuat di Dunia

0
Mesin GE9X milik Boeing 777X. Sumber: Wikipedia

Pesawat komersial terbesar di dunia boleh saja dipegang oleh Airbus A380 atau pesawat jumbo Boeing 747 Queen of The Skies. Namun, mesin terkuat di dunia bukan dimiliki oleh kedua pesawat tersebut, melainkan ada pada pesawat triple seven generasi terbaru, Boeing 777X. Kepastian itu didapat setelah pesawat karya pabrikan asal Amerika Serikat (AS) tersebut resmi menggunakannya pada pertengahan tahun lalu.

Baca juga: Boeing 777X Kedua Sukses Terbang Perdana 

Tes pemecah rekor mesin terkuat di dunia dilakukan pada tahun 2017 lalu dengan disaksikan langsung oleh perwakilan dari Guinness Book of Record, di fasilitas pengujian General Electric (GE), di Peebles, Ohio, AS. Kala itu, mesin GE9X mampu mengembangkan daya dorong sebesar 134.300 pon, nyaris setara dengan daya dorong roket Soyuz saat mengantar kosmonot Rusia, Yuri Gagarin ke luar angkasa.

Perlu diketahui, daya dorong yang dibutuhkan pesawat dengan roket tentu sangat berbeda. Pastinya, roket membutuhkan daya dorong yang jauh lebih besar, mengingat tipe lepas landas mereka vertikal, bukan diagonal layaknya pesawat. Dengan kondisi tersebut, tentu sangat luar biasa bisa sebuah mesin pesawat nyaris menyamakan kekuatan daya dorong roket.

Tak hanya memberikan daya dorong besar, mesin terkuat di dunia GE9X juga menjamin penggunaan bahan bakar lebih hemat hingga 10 persen dari generasi sebelumnya. Tak cukup besar memang, namun, dengan rata-rata biaya operasional pesawat 20 persennya datang dari bahan bakar, tentu, hemat bahan bakar hingga 10 persen bisa cukup menguntungkan; dalam hal ini maskapai selaku operator.

Menariknya, rekor untuk mesin pesawat terkuat di dunia oleh GE9X Boeing 777X dicapai dengan menggantikan rekor dari mesin GE generasi sebelumnya, GE90-115B. Mesin pesawat yang dirancang untuk pesawat Boeing 777 itu tercatat mampu menghasilkan daya dorong sebesar 127.900 pon pada 2002 lalu, cukup besar untuk ukuran kala itu.

Meskipun berhasil menjadi yang terkuat, Presiden dan CEO GE Aviation, anak perusahaan dari GE, David Joyce, mengaku tak berniat untuk menyabet rekor tersebut.

“Meskipun kami tak bermaksud untuk memecahkan rekor Guiness World Records, kami bangga dengan kinerja mesin, yang merupakan bukti betapa hebatnya karyawan serta mitra kerja kami dalam merancang dan memproduksi produk yang luar biasa untuk pelanggan,” jelasnya, sebagaiman dikutip dari Simple Flying.

Keberhasilan tersebut tentu menjadi sebuah kado manis. Sebab, pengumuman rekor dunia ini diumumkan tepat di hari ulang tahun perusahaan yang ke-100, yakni pada 12 Juli.

Baca juga: Pengamat: Boeing 777X Janjikan Pengalaman Baru Bagi Penumpang

Akan tetapi, usai ditetapkan sebagai mesin pesawat terkuat di dunia, dalam perjalanannya bersama Boeing 777X, mesin pesawat yang lebih besar dari body Boeing pesawat 737 itu tercatat beberapa kali pernah mengalami masalah. Teranyar, tahun lalu, tak lama setelah diluncurkan, Boeing 777X dikabarkan mengalami kendala pada mesin. Tak disebutkan dengan jelas kala itu. Namun, harga mahal dari masalah tersebut, jadwal penerbangan perdana Boeing 777X jadi mundur hingga Januari akhir, dari sebelumnya di akhir tahun.

Leave a Reply