Ternyata Pemilihan Kursi Kereta Bisa Jadi Pro dan Kontra Pada Penumpang

(Toronto Star)

Setiap penumpang kereta memiliki pilihan kursi dan posisi duduknya masing-masing. Biasanya penumpang yang penyendiri akan lebih memilih kursi untuk dua orang dibandingkan empat orang berhadapan. Hal ini pun berlaku bagi sebaliknya bila penumpang pergi berkelompok biasanya memilih kursi empat dengan berhadapan untuk memudahkan komunikasi satu dengan yang lain.

Baca juga: Serba-Serbi Pilih Kursi ‘Panas’ di Kereta Ekonomi Premium

KabarPenumpang.com merangkum dari londonist.com, kenyataannya pilihan dua atau empat kursi ini memiliki pro kontra tersendiri. Penasaran alasan setiap penumpang saat memilih kursi dua atau empat?

1. Alasan memilih kursi empat
a. Ruang kaki
Untuk ruang lutut pemilihan kursi empat ini cocok apalagi bila bepergian bersama kelompok. Selain lebih nyaman, kaki juga lebih leluasa dan lutut antar penumpang tidak bersenggolan. Selain itu memiliki ruang yang cukup bila Anda duduk di jendela dan akan mudah pergi ke toilet atau ke kantin kereta karena tidak perlu mengganggu penumpang lainnya. Tetapi ruang tersebut akan tak berguna bila penumpang di depan Anda membawa barang besar bersamanya. Sehingga terkadang kursi untuk dua orang lebih nyaman.

b. Meja
Biasanya ada meja lipat disetiap kursi dan beberapa diantara kereta dilengkapi dengan soket listrik. Meja ini menguntungkan bila Anda melakukan perjalanan bisnis dan harus menulis sesuatu di buku atau menggunakan perangkat elektronik untuk bekerja. Meski begitu kehadiran meja ini juga bisa menghambat bila Anda ingin keluar ketika semua penumpang menggunakan meja mereka.

2. Alasan memilih kursi dua
a. Privasi
Dengan kursi untuk dua orang, bila Anda orang yang lebih memilih ketenangan dan seorang yang penyendiri kursi dua ini membuat lebih memiliki privasi. Sebab Anda hanya akan bersama penumpang disebelah. Tidak merasa sempit pada kaki karena memiliki ruang yang lega untuk diri sendiri. Sayangnya bila duduk hanya bersebelahan ketika penumpang yang lain tidur, Anda akan sendirian.

b. Aman dari kelompok
Kereta sebagai salah satu pilihan alternatif transportasi kerap kali dinaiki oleh sekelompok penumpang yang biasanya cukup membuat ramai kereta. Tetapi ketika duduk dengan dua kursi, hal ini mungkin bisa terminimalisir karena tidak ada kebisingan yang akan didengar. Saat duduk di kursi dua, sayangnya Anda tidak akan bisa berbagi cerita, makanan atau hal lainnya alias sibuk dengan kegiatan masing-masing penumpang.

Untuk melihat banyaknya antusias penumpang dalam memilih duduk di dua kursi atau empat kursi, londonist.com melakukan survei dan membuatnya di grup Facebook London Roundel Ramblings dengan sebuah poling. Hasilnya adalah kursi dua dipilih oleh 142 orang, kursi empat dipilih oleh 72 orang dan sisanya 15 orang.

Baca juga: Menyoal Kepadatan Penumpang Kereta di Inggris, Desainer ini Adopsi Konsep Kursi Bar dan Jemuran

Kursi bergaya maskapai terbukti hampir dua kali lebih populer dari kursi kelompok. Kategori lain termasuk orang-orang yang lebih suka berdiri, beberapa yang mencari kursi tunggal yang langka, dan yang lain naik kereta dengan kursi tiga baris.