Ternyata! Pendapatan Petugas ATC Jauh Lebih Tinggi dari Seorang Pilot

Sumber: 43airschool.com

Ketika kecil, tidak sedikit dari Anda yang mengatakan kalau sudah besar nanti ingin jadi seorang dokter, polisi, tentara, atau bahkan seorang pilot. Seperti sudah menjadi template yang ketika ditanya ke anak lain, mereka pun akan melontarkan jawaban yang sama. Mari kita persempit topik pembahasannya dan fokus pada anak-anak yang menjawab ingin menjadi seorang pilot.

Baca Juga: Ketika Penerbangan Jarak Jauh, Apa Saja Sih Yang Dilakukan Pilot?

Nah, entah hal apa yang melatarbelakangi anak-anak untuk menjawab pertanyaan tadi, tapi yang jelas pendapatan seorang pilot bisa dibilang di atas rata-rata pekerjaan lainnya. Lalu, bagaimana dengan pendapatan orang-orang yang berkutat di dunia aviasi?

Seperti yang diwartakan KabarPenumpang.com dari laman telegraph.co.uk (21/12/2017), berdasarkan survei yang dilakukan oleh sebuah situs yang bernama Career Cast, petugas Air Traffic Controller (ATC) ternyata mengungguli pendapatan seorang pilot dan menjadi salah satu dari 10 pekerjaan dengan penghasilan yang tertinggi 2017. Career Cast menyebutkan bahwa pendapatan seorang petugas ATC yaitu rata-rata berkisar US$122.410 atau yang setara dengan Rp1,7 miliar per-tahun!

Angka tersebut sahih dengan apa yang pernah dikatakan seorang petugas ATC Inggris di masa lampau. “Angka kasarnya adalah £80.000 (Rp1,46 miliar),” ungkap Fran Slater, seorang karyawan NATS Holdings. Fran mengatakan bahwa angka kasar yang ia sebutkan merupakan rataan tahun 2015 kemarin. “Tapi angka tersebut tergantung dari basis Anda, apakah menara pengawas tersebut sibuk, atau Anda berada dalam posisi penting di bandara utama di London,” imbuhnya. Mengingat pekerjaan sebagai salah satu petugas di ATC penuh dengan tekanan dan tindakan fiktif dapat berakibat fatal, maka tidak heran jika pendapatannya juga tinggi.

Lalu, bagaimana dengan pendapatan seorang pilot? Career Cast menempatkan pilot pada rataan pendapatan $105.720 atau yang setara dengan Rp1,4 miliar per-tahun. Perlu dicatat, tidak menutup kemungkinan seorang pilot mendapatkan angka di atas atau di bawah rataan tersebut. “Gaji awal untuk seorang kapten dengan maskapai berukuran sedang bisa berkisar antara £57.000 sampai £78.000,” tukas Prospects, salah satu situs terkemuka di Inggris. “Sedangkan mereka yang dipekerjakan oleh operator besar bisa memperoleh penghasilan mulai dari £97.000 sampai lebih dari £140.000,” imbuhnya. Karena di sini tugas dan tanggung jawab yang diemban seorang pilot tidaklah mudah setiap harinya, maka rataan pendapatan tersebut wajar adanya.

Baca Juga: Neerja Bhanot – Mengenang Tameng Hidup Tragedi Pan Am Penerbangan 73

Sosok yang tidak kalah penting yang selalu menghiasi penerbangan Anda adalah seorang pramugari. Sama seperti dua pekerjaan di atas, Prospects mengatakan bahwa pendapatan untuk seorang pramugari sangatlah variatif. “Tergantung pada maskapai penerbangan, karena beberapa dari mereka bersedia untuk membayar lebih daripada yang lain, tapi Anda bisa mengharapkan gaji awal antara £12.000 sampai £14.000,” ungkap Prospects. Mungkin angka pendapatan per-tahun seorang pramugari tersebut sebanding dengan tugas yang dibebankan kepada mereka.

Walaupun angka-angka pendapatan di atas dapat menggiring Anda ke tingkatan hidup yang lebih mapan, tapi semuanya setara dengan beban tugas dan tanggung jawab yang dilimpahkan. Intinya, semua orang yang bergerak di dunia aviasi selalu mengutamakan keselamatan para penumpangnya agar dapat sampai di tujuan dengan kondisi selamat. Apakah hasil survei di atas semakin memantapkan langkah Anda untuk bergabung dengan dunia penerbangan?