Terus Ditambah, Kini 11 Stasiun Kereta Jarak Jauh Layani Vaksinasi Gratis

0

Seperti halnya yang sudah dijalankan beberapa maskapai penerbangan, pihak PT KAI juga memberikan vaksinasi gratis untuk calon penumpang. Fasilitas vaksin gratis itu terdapat di sebelas stasiun, yaitu Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Malang dan Jember.

Baca juga: PPKM Darurat Wajibkan Penumpang Tunjukkan Kartu Vaksin Saat Bepergian dengan Bus, Pesawat dan Kereta Api

Bukan hanya berhenti di sebelas stasiun, secara Secara bertahap PT KAI juga akan menambah jumlah stasiun yang melayani vaksinasi. Syarat untuk mengikuti vaksinasi ini yaitu harus berusia 18 tahun ke atas, menunjukkan kode booking tiket yang sudah dibayar atau tiket KA Jarak Jauh yang berlaku, memiliki KTP, dan datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan.

Seperti diketahui, mulai 5-20 Juli 2021 pelanggan KA Jarak Jauh di Pulau Jawa dan Sumatera wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif RT-PCR maksimal 2×24 jam atau tes Antigen maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan, serta menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi dosis pertama.

Dikutip dari liputan6.com (6/7/2021), khusus bagi ibu hamil bisa mendapatkan vaksin di stasiun setelah mendapat penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia atas pilihannya untuk divaksin Covid-19. “Pada periode 3 s.d 5 Juli 2021 KAI telah melakukan vaksinasi kepada 993 pelanggan KA Jarak Jauh di berbagai stasiun,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, Selasa (6/7).

Baca juga: Catat! Mulai 12 Juli Hanya Hasil PCR dari 742 Lab yang Bisa Dipakai untuk Naik Pesawat

Selain layanan vaksinasi Covid-19 gratis di stasiun, PT KAI juga telah menyediakan 83 Stasiun yang melayani Rapid Test Antigen seharga Rp85.000.