Tidak Bawa Surat Keterangan Medis, Penumpang Ini Hilang dari Bandara Kempegowda

Kempegowda International Airport. Sumber: The Financial Express

Nama Kempegowda International Airport yang berada di Bengaluru, India sempat mencuri perhatian dunia. Pasalnya seorang penumpang penyandang disabilitas yang berusia 40 tahun dinyatakan hilang pada tanggal 10 Juli silam. Sebelum hilang, pria yang disinyalir bernama Richpal ini berniat untuk pulang ke kampung halamannya di Rajasthan. Alih-alih mendapatkan kabar baik, sahabat sekaligus orang yang mengantarkan Richpal menuju bandara, Mukesh Kumar malah mendapat kabar sebaliknya. Kira-kira apa yang membuat Richpal hilang?

Baca Juga: Ookla: Bandara di India Tempati Urutan Empat Asia dengan Kecepatan WiFi Terbaik

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman thehindu.com (17/7/2018), cerita ini bermula ketika Richpal yang mengalami patah tulang kaki dipaksa untuk beristirahat oleh dokter, dan memutuskan untuk pulang kampung. Setelah ia diantarkan oleh Mukesh menuju bandara, Richpal diberhentikan oleh petugas bandara yang meminta surat keterangan medis karena ia menggunakan kursi roda. Richpal mesti lupa satu hal penting tersebut.

Ia yang tidak bisa menunjukkan surat tersebut lalu dilarang mengudara oleh petugas bandara. Richpal terpaksa mengurungkan niatnya untuk pulang ke kampung halaman dan tidak tahu lagi mesti berbuat apa. Hanya berbekal 300 Rupee (Rp63.000) di kantungnya, Richpal yang malang terpaksa luntang-lantung tak tahu arah. Terbesit pikiran untuk kembali menuju Chittoor dan mengunjungi Mukesh, namun kondisinya yang menggunakan kursi roda menjadi penghalang Richpal.

Sehari berselang (11 Juli), seorang petugas bandara menemukannya di pinggir jalan dan menawarkan untuk mengantarkannya ke jalan utama. “Seorang petugas mengantarkannya ke jalan utama dan ia naik taksi menuju Kannamangala,” tutur salah seorang petugas kepolisian. Entah dari mana Mukesh mendapatkan kabar hilangnya Richpal, namun sesegera mungkin ia melakukan pencarian terhadap sahabatnya itu.

Baca Juga: Tak Ada Lagi ‘Duty Free Shop’ di Bandara New Delhi

“Ia diantarkan oleh petugas towing car menuju pinggir jalan. Kami lacak ia berada di pinggir jalan Kannamangala. Tanpa makanan, tanpa obat-obatan, dan ia terlihat sangat kelelahan,” tutur petugas kepolisian kepada Mukesh. Pencarian terhadap Richpal pun terus berlanjut hingga akhirnya pihak berwenang berhasil menemukannya pada 17 Juli pada pukul 02.30 dini hari.

Richpal yang tampak berantakan tersebut langsung dibawa kembali oleh Mukesh menuju Chittoor dan mendapatkan perawatan yang layak sebelum akhirnya dipulangkan menuju Rajasthan.