Thursday, June 30, 2022
HomeDestinasiTiga Kapal Penumpang Milik PT Pelni Kembali Beroperasi di Pelabuhan Agast Asmat...

Tiga Kapal Penumpang Milik PT Pelni Kembali Beroperasi di Pelabuhan Agast Asmat Papua

Pandemi yang berjalan hampir dua tahun ini, membuat banyak perusahaan transportasi menutup berbagai rute perjalanannya demi pencegahan penularan Covid-19. Kini, ketika pandemi mulai berangsur membaik, perusahaan transportasi membuka diri kembali.

Baca juga: Hari ini, 9 Tahun Lalu, Kapal MV Rabaul Queen Tenggelam di Papua Nugini, Ratusan Penumpang Tewas

PT Pelni yang baru saja mengoperasikan kembali kapal penumpangnya dari Pelabuhan Agats, Kabupaten Asmat, Papua. Kepala PT Pelni Cabang Timika Edwin Kurniansyah di Timika mengatakan, pelayaran perdana kapal penumpang Pelni sandar di Pelabuhan Agats Asmat akan dilakukan pada tanggal 5 atau 6 Januari 2022.

“KM Tatamialau akan kembali melakukan pelayanan pelayaran ke Pelabuhan Agats Asmat dari Timika tanggal 5 Januari. Dengan waktu tempuh pelayaran selama 12 jam, kapal itu diperikirakan baru akan sandar di Pelabuhan Agats sekitar tanggal 6 Januari,” jelas Edwin yang dikutip KabarPenumpang.com dari republika.co.id.

Dia juga mengatakan, dua kapal penumpang lainnya juga akan singgah di Pelabuhan Agats Asmat yakni KM Sirimau sekitar tanggal 11 Januari dan KM Leuser pada tanggal 15 Januari. Nantinya ketiga kapal tersebut akan melanjutkan pelayarannya ke tujuan akhir di Merauke sebelum memulai ke rute yang sama.

Untuk diketahui, ketiga kapal penumpang milik Pelni ini terakhir melakukan pelayarannya ke Pelabuhan Agast Asmat pada Maret 2020 lalu sebelum pandemi melanda daerah tersebut. Tidak adanya pengoperasian tiga kapal penumpang ke sana, karena ada surat dari Pemkab Asmat.

Kemudian setelah kasus Covid-19 mulai mereda di Asmat pada Oktober 2021 lalu, Bupati Asmat Elisa Kambu menyurati pimpinan PT Pelni untuk meminta pengoperasian kembali kapal penumpang ke wilayahnya.

“Kami menerima surat dari Bupati Asmat pada bulan Oktober 2021. Beliau meminta KM Tatamailau untuk singgah di Pelabuhan Agats. Selanjutnya pada bulan Desember 2021 lalu Bupati Asmat kembali mengirim surat meminta agar tiga kapal penumpang Pelni sudah bisa beroperasi kembali ke Pelabuhan Agats mulai awal Januari ini,” tutur Edwin.

PT Pelni menjamin bahwa semua pelaku perjalanan menggunakan kapal penumpangnya harus mematuhi protokol kesehatan, antara lain dibuktikan dengan surat keterangan sudah divaksin dan negatif hasil pemeriksaan antigen. Dengan akan segera beroperasinya kembali kapal penumpang PT Pelni ke Pelabuhan Agats, Asmat, menurut Edwin, warga memiliki cukup banyak pilihan untuk bisa bepergian baik menggunakan pesawat terbang, kapal penumpang dan kapal perintis yang dioperasikan PT Pelni, kapal ferry yang dioperasikan oleh PT ASDP maupun angkutan komersial lainnya terutama perahu motor.

Baca juga: Ikuti Lion Air, PT Pelni Terapkan Sistem Bagasi Berbayar, Cek Ketentuannya di Sini!

Waktu dan jarak tempuh yang cukup singkat dari Pelabuhan Pomako Timika ke Pelabuhan Agats membuat arus penumpang antarkedua kabupaten bertetangga itu selama ini sangat tinggi, terutama melalui jalur laut, mengingat sebagian besar barang kebutuhan pokok untuk masyarakat di Kabupaten Asmat disuplai dari Timika. Edwin menyebut untuk tiket penumpang dari Pelabuhan Pomako ke Pelabuhan Agats ditetapkan sebesar Rp103 ribu untuk orang dewasa dan bayi Rp16 ribu.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru