Tiga Negara Eropa ini Punya Hotel Unik dari eks Gerbong dan Stasiun Tua

0
The Old Railway Station – Petworth. Foto: booking.com

Bagi sebagian orang, kecintaan pada dunia kereta api tidak akan lekang oleh waktu. Dan kondisi tersebut menjadi peluang besar untuk mewujudkan memorabilia di seputar kereta  dalam tema wisata, khususnya menyulap bekas gerbong tua, bahkan stasiun menjadi tempat penginapan yang eksenstrik.

Baca juga: Dulunya Bus Sekolah, Kini Bus Tingkat ini Jadi Penginapan Mewah

KabarPenumpang.com merangkum laman booking.com, di Eropa, setidaknya ada tiga hotel kereta paling unik. Penasaran? Ini dia tiga hotel unik yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk pelancong.

Satu set gerbong lounge Edwardian Pullman. Foto: booking.com

Stasiun Kereta Api Lama atau The Old Railway Station – Petworth, Inggris
Saat melihat setiap detailnya, Anda akan dibawa mengingat zaman keemasan kereta api. Stasiun ini memiliki satu set gerbong lounge Edwardian Pullman dikonversi lebih baik lagi. Bagian dalamnya dilapisi dengan panel kayu mewah dan dilengkapi tempat tidur bergaya kuno yang nyaman. Tak hanya itu, setiap kompartemen stasiun cukup luas dan memiliki kamar mandi sendiri.

Bangunan ini berasal dari tahun 1892 dan berfungsi sebagai Stasiun Kereta Api Petworth selama beberapa dekade hingga ditutup untuk penumpang pada 1950-an. Anda masih dapat melihat loket tiket asli dan kantor Kepala Stasiun. Jika pelancong datang saat musim panas, sarapan disajikan di platform lama, sementara di musim dingin pindah ke aula pemesanan, dihangatkan oleh perapian kayu yang berderak. Ruang tunggu yang dulu merupakan tempat kedatangan dan kepergian, sekarang menjadi ruang santai.

Train Lodge – Amsterdam. Foto: booking.com

Penginapan Kereta atau Train Lodge – Amsterdam, Belanda
Train Lodge dibuat dari satu set gerbong tidur yang pernah mengangkut penumpang antara Zürich dan Roma. Sekarang, mereka dipasang secara permanen oleh stasiun Amsterdam Sloterdijk, menyediakan akomodasi yang terjangkau bagi pengunjung ibukota Belanda. Lokomotif yang berubah menjadi hostel memiliki berbagai pilihan tempat tidur.

Ini adalah kompartemen pribadi dan juga ada yang bersama serta bisa muat hingga enam orang. Ada juga gerbong dengan 33 tempat tidur untuk kelompok besar. Pelancong akan tidur di tempat tidur susun asli dan dilengkapi dengan wastafel sendiri serta rak bagasi di atas kepala. Stasiun Amsterdam Sloterdijk menawarkan jaringan kereta api, bus dan metro yang nyaman, tetapi untuk pengalaman yang benar-benar Belanda, para tamu dapat menyewa salah satu sepeda hostel dan menggunakan jalur sepeda sebagai gantinya.

Train Hostel – Brussels. Foto: booking.com

Asrama Kereta atau Train Hostel – Brussel, Belgia
Train Hostel dirangcang bersama dengan seniman François Schuiten dan Perusahaan Kereta Api Nasional Belgia. Bagian dari kereta yang sudah pensiun tersebut dipotong dan dimasukkan ke dalam bangunan tersebut. Sedangkan interiornya dihiasi dengan memorabilia yang bersumber dari donor dan pasar vintage lokal.

Baca juga: Gerbong Kereta Tua Dikonversi Jadi Hotel Mewah di Pinggir Pantai Inggris

Di Train Hostel, para tamu bisa memilih kabin tidur otentik atau kamar bertema kereta api. Untuk mereka yang berpasangan bisa meringkuk di Suite kereta di lantai atas dengan gerbong yang telah direnovasi total dengan teras sendiri menghadap kota.