Tiga Sleeper Train ini Sajikan Pengalaman Fantastis Mengular di Benua Biru!

Sumber: youtube.com

Sempat dihilangkan dari pasar Indonesia karena menuai kontroversi yang berkenaan dengan tindak asusila, nyatanya keberadaan sleepers train di Indonesia kini mulai menggeliat kembali – tepatnya pada bulan Mei 2019 kemarin. Mengambil konsep yang mirip dengan bangku first class yang ada di dunia penerbangan, kini sleeper train banyak diburu oleh para penumpang yang ingin merasakan sensasi mengular dengan bangku super nyaman.

Baca Juga: Hadirkan Sleeper Train, Siapkah PT KAI Hapus Bayangan “Masalah” Sosial KA Bima?

Namun jika dibandingkan dengan sleeper train yang ada di luar, sudah barang tentu desain dan modelnya berbeda jauh. Jika sleeper train yang menjadi andalan PT KAI merupakan jenis tanpa kamar atau bilik, lalu bagaimana dengan negara-negara yang ada di luar sana? Berikut adalah penelusurannya, dikutip KabarPenumpang.com dari laman cnn.com.

Caledonian Sleeper

Caledonian Sleeper Train. Sumber: cnn.com

Ini merupakan nama kolektif dari layanan sleeper train yang menghubungkan Inggris dengan Skotlandia. Caledonian Sleeper merupakan satu dari dua layanan serupa yang ada di Tanah Britania – satunya Night Riviera yang menghubungkan London dengan Penzance. Salah satu poin yang membuat layanan ini begitu mahsyur adalah karena pemandangan indah khas Inggris – Skotlandia yang tersaji selama perjalanan. Adapun estimasi waktu perjalanan dari London menuju Fort William yang ada di Skotlandia kurang lebih delapan jam.

Tolstoy Sleeper Train

Tolstoy Sleeper Train. Sumber: cnn.com

Dioperasikan oleh Russian Railways guna menghubungkan Helsinki yang ada di Finlandia dengan Moskow yang ada di Rusia, Tolstoy Sleeper Train sejatinya memiliki beragam varian kelas yang bisa Anda jajal, mulai dari second class yang berisikan empat ranjang tersusun dua hingga deluxe business class dengan tampilan bak sebuah suite mewah. Membutuhkan waktu sekira 15 jam untuk menghubungkan Helsinki dan Moskow dengan menggunakan kereta ini.

Baca Juga: Sleepers Train di Jepang Sukses Angkat Pamor Wilayah yang Dilaluinya

Russian Railways

Russian Railways Sleeper Train. Sumber: cnn.com

Selain mengoperasikan Tolstoy Sleeper Train, Russian Railways juga memiliki sleeper trainnya sendiri. Tidak hanya sekedar sleeper train, perjalanan dari Paris menuju Moskow ini juga didaulat sebagai salah satu rute kereta terpanjang yang ada di Eropa. Jarak 2.164 mil yang terbentang di antara dua destinasi ini tidak akan terasa melelahkan kala Anda menjajal sleeper train yang satu ini.

Selain menyediakan ruangan nyaman bak sebuah kamar hotel, sleeper train ini jua menyediakan gerbong restorasi khusus yang memiliki desain seperti restoran bintang lima, lho!