Thursday, June 30, 2022
HomeHot NewsTingkatkan Ketepatan Waktu, KAI Commuter Menambah Kecepatan KRL Lintas Jatinegara - Cikarang

Tingkatkan Ketepatan Waktu, KAI Commuter Menambah Kecepatan KRL Lintas Jatinegara – Cikarang

Pernahkah menyadari saat naik Kereta Rel Listrik (KRL) melintas Jatinegara sampai dengan Cakung kecepatan lebih kencang dari biasa? Ya, ini dikarenakan jalur tersebut sudah diperbaharui kecepatan untuk kereta yang melintas termasuk KRL. KAI Commuter telah menambah kecepatan yang semula hanya 70 – 80 km per jam, kini menjadi 90 – 95 km per jam. Jika diukur menggunakan aplikasi kecepatan melalui ponsel, terpantau kecepatan KRL mampu mencapai 90 – 93 km per jam. Kecepatan tersebut guna meningkatkan ketepatan waktu dan juka mempercepat laju KRL agar semakin efisien dalam waktu perjalanan.

Baca juga: Mengenal Marka Batas Kecepatan Kereta Api

Semenjak diberlakukan perubahan jalur lintas Cikarang via Manggarai tujuan Tanah Abang – Kampung Bandan, via Pasar Senen tujuan Kampung Bandan melewati Tanah Abang pastinya membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Belum lagi perjalanan lintas tersebut melewati persinyalan yang harus menahan KRL untuk menunggu aman untuk masuk ke beberapa stasiun besar. KRL yang merupakan jalur Cikarang ini juga tetap menggunakan rangakain 8 hingga 12 kereta. Saat keberangkatan dari Stasiun Jatinegara menuju Bekasi, KRL langsung dikebut sampai Stasiun Klender. Saat berangkat dari Klender, KRL kembali meningkatkan kecepatannya hingga Buaran, dan seterusnya.

Baca juga: Kecepatan Kereta Ternyata Faktor Utama Pembunuh Satwa Liar di Taman Nasional Banff dan Yoho

Hingga saat ini, kecepatan KRL masih dimaksimalkan hingga 95 km per jam, kecuali pada petak tertentu yang mengharuskan perjalanan KRL mengurangi kecepatannya. Bahkan ada beberapa lokasi saat memasuki stasiun harus lambat, karena selain proyek double – double track belum kunjung usai, ada beberapa rel bahkan wesel yang masih perlu diperbaiki hingga adanya pergantian rel. PT KAI optimis saat semua 100 persen selesai, kecepatan kereta api akan disesuaikan bahkan bisa ditingkatkan kecepatannya, mengingat prioritas yang diutamakan untuk kenyamanan penumpang dalam perjalanan termasuk ketepatan waktu. (PRAS – Cinta Kereta Api)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru