Tuesday, March 5, 2024
HomeHot NewsTingkatkan Prioritas, KAI Rencana Terapkan Kecepatan Maksimal 110 km Per jam di...

Tingkatkan Prioritas, KAI Rencana Terapkan Kecepatan Maksimal 110 km Per jam di Jalur Selatan

Jalur selatan kereta api merupakan jalur yang penuh tantangan dan rintangan karena melintasi bukit dan banyaknya belokan sehingga kereta api membutuhkan waktu yang sedikit lama karena mengikuti batas kecepatan yang dianjurkan. Biasanya jalur selatan saat memasuki jalur tikungan membutuhkan kecepatan mulai dari 50 km per jam hingga 60 km per jam saja. Namun tidak untuk di jalur lurus dan sedikit belokan, kereta api mampu berjalan hingga kecepatan 80 bahkan 100 km per jam.

Baca juga: Lebih Enak Mana, Naik Kereta Api Jalur Selatan atau Jalur Utara?

Kecepatan tersebut bahkan dilakukan saat uji coba rangkaian kelas eksekutif dan ekonomi premium berbadan stenlist steel yang bisa mencapai kecepatan bogie rangkaian 100 – 120 km per jam. Rencana uji coba kecepatan pada rangkaian tersebut akan dilakukan esok hari pada Selasa, 28 Juni 2022. Adapun uji coba keepatan tersebut hanya dilakukan di jalur yang memiliki medan datar atau tidak curam. Mulai dari Bandung – Cicalengkan dengan batas kecepatan 100 km per jam, Cicalengka – Ciawi dibatasi hingga 60 km per jam, Ciawi – Ciamis dengan kecepatan 90 km per jam, dan Ciamis hingga Kroya bisa mencapai 110 km per jam.

Uji coba kecepatan lintas ini dimaksudkan agar perjalanan kereta api dapat meningkatkan prioitas terhadap penumpang dengan ketepatan waktu dan bisa merasakan naik kereta api tak perlu khawatir akan keterlambatan. PT KAI juga terus berupaya agar selalu melakukan pengecekan rutin terutama di jalur kereta api yang rawan bencana alam salah satunya longsor yang dapat mengganggu perjalanan kereta api. (PRAS – Cinta Kereta Api)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru