Tipping Layakkah Diberikan Pada Awak Kabin?

Singapore Airlines (Australian Business Traveller)

Memberikan tip bagi pelayan restoran, penyaji minuman hingga pelayanan kamar hotel seringkali dilakukan oleh Anda dan mungkin kebiasaan ini juga terbawa saat bepergian dengan pesawat. Dimana Anda memberikan tip pada awak kabin yang melayani. Namun, apakah perlu awak kabin diberikan tip?

Baca juga: Jangan Ganggu Awak Kabin Bila Tak Ingin Dapatkan Reaksi Tak Mengenakkan

Hal tersebut hingga kini masih menjadi pembahasan dan perbincangan, tapi ternyata ada jawaban pasti untuk pertanyaan tersebut. KabarPenumpang.com melansir dari laman southernliving.com, bahwa kebiasaan tersebut terkadang kebanyakan dari penumpang tidak pernah berpikir untuk memberikan tip pada awak kabin.

Tipping sendiri bagi awak kabin bukanlah kewajiban dan hak, sebab mereka dibayar dengan upah yang cukup layak tidak seperti pelayan restoran. Tak hanya itu, banyak juga maskapai yang melarang adanya praktik pemberian tip itu dan awak kabin bisa mendapat masalah jika hal itu diketahui pihak maskapai.

Sehingga mereka memiliki trik khusus untuk mengatasinya. Tetapi ada pula beberapa maskapai yang menyerahkannya langsung pada pelanggan mereka. Seperti Southwest Airlines dimana seorang penumpang bersikeras memberikan tip pada awak kabin dan mereka diperbolehkan untuk menerimanya.

Bahkan seorang awak kabin di penerbangan di Vegas mendapat tip $600 pada penerbangan mereka. Seorang pengamat perjalanan Gary Leff mengatakan, jika penumpang menawarkan tip pada awak kabin, jangan memaksa untuk mereka menerimanya.

Baca juga: Bila Awak Kabin Lupa Mengatur Tekanan Udara, Inilah yang Akan Terjadi Pada Penumpang!

Sebab hal itu bisa membuat mereka canggung, dan Leff sendiri menyarankan agar memberikan kartu hadiah minum di coffee shop memberikan kue atau coklat yang dibungkus.

“Cara lain untuk menunjukkan penghargaan Anda terhadap sebuah pekerjaan yang dilakukan dengan baik adalah meluangkan waktu untuk menulis surat yang bagus kepada maskapai mereka tentang layanan mereka, yang bisa jauh lebih banyak daripada uang $10. Sangat mudah untuk menulis ucapan terima kasih juga, terutama jika Anda memahami media sosial,” ujar Leff.

Cukup dengan men-tweet saja, beri tanda pada maskapai di Twitter, atau temukan halaman Facebook maskapai dan tulis catatan singkat, sebutkan nama penerbangan dan nama awak kabin, jika memungkinkan. Jika Anda lebih suka metode yang lebih klasik, kirim catatan ke alamat email layanan pelanggan maskapai penerbangan. Leff menambahkan, mungkin cara terbaik untuk menunjukkan rasa terima kasih atas sebuah pekerjaan yang dilakukan dengan baik adalah dengan mengucapkan kata kecil yakni terimakasih.