Tuesday, April 16, 2024
HomeDestinasiTips - Mau ke Luar Negeri Saat Pandemi? Harus Siap dengan Rencana...

Tips – Mau ke Luar Negeri Saat Pandemi? Harus Siap dengan Rencana Cadangan

Ingin berlibur dan menikmati perjalanan internasional di masa pandemi? Ini masih bisa dinikmati oleh Anda dan pelancong lainnya. Namun, sebaiknya Anda harus memiliki rencana cadangan.

Baca juga: Mau Hemat Pengeluaran Saat Melancong? Cek Tips Ini

Sebab, meski beberapa negara telah membuka diri secara penuh, tetapi ada beberapa yang masih sering mengubah aturan masuk dan keluar pelancong. Berikut ini ada lima tips yang KabarPenumpang.com rangkum dari thepointsguy.com, untuk membantu Anda merencanakan perjalanan internasional.

1. Rencanakan semuanya, termasuk penutupan perbatasan
Sudah banyak negara yang membuka diri untuk pelancong mancanegara, tetapi ada juga yang masih menutup serta mengubah aturan masuk atau keluar tanpa pengumuman. Apalagi varian baru Omicron yang saat ini tengah berkembang membuat beberapa negara menutup diri. Bahkan bila membuka untuk pelancong, mereka diwajibkan untuk menunjukkan hasil negatif tes Covid-19 dalam waktu 48 jam setelah keberangkatan. Yang paling ekstrem adalah saat sebuah negara tiba-tiba menutup pintu internasional mereka dan ada pelancong yang bukan warga negara berada di sana.

2. Beli asuransi perjalanan yang menanggung biaya terkait Covid-19
Banyak asuransi yang tidak mengcover biaya karantina atau tes untuk Covid-19. Padahal banyak negara yang kini mewajibkan pelancong internasional memiliki asuransi yang juga di dalamnya termasuk untuk Covid-19. Pertimbangkan untuk membeli pertanggungan khusus Covid-19 tetapi pastikan untuk membaca cetakan kecil karena sebagian besar asuransi kesehatan perjalanan independen biasanya tidak menyertakan pertanggungan evakuasi darurat, yang berarti Anda akan terjebak di karantina di negara asing.

3. Pikirkan penerbangan Anda dan pesan dengan fleksibel
Ketahui rute pulang terpendek dan penerbangan langsung alternatif apa pun, jika Anda tiba-tiba perlu mengubah penerbangan Anda. Pelancong juga bisa menambahkan polis asuransi untuk tiket yang batal/ubah karena alasan apa pun hingga 24 jam sebelum keberangkat. Aplikasi pemesanan Hopper mengatakan, pihaknya melihat minat yang lebih kuat pada opsi pemesanan fleksibel dan produk gangguan untuk perjalanan internasional dalam beberapa minggu terakhir, terutama untuk paket Batal Untuk Alasan Apa Pun dan Ubah Untuk Alasan Apa Pun, yang sekarang dibeli secara kolektif dengan satu dari setiap enam pemesanan internasional. Hopper juga menawarkan Jaminan Pemesanan Ulang Penerbangan untuk membantu para pelancong menghindari hambatan saat bepergian ke luar negeri, baik karena cuaca, perubahan penerbangan, atau penundaan.

4. Cek aturan Covid-19 di negara tujuan
Setiap negara memiliki aturan masuk dan keluar mereka sendiri selaman pandemi Covid-19. Baiknya sebagai pelancong membaca kembali panduan dan lakukan penelitian sebanyak mungkin serta pastikan persyaratan dipenuhi seluruhnya yang terkait dengan tindakan sebelum kedatangan, kedatangan dan keberangkatan. Periksa juga untuk memastikan bahwa Anda telah mengunduh aplikasi tertentu yang mungkin diperlukan oleh negara yang Anda tuju baik untuk tujuan pelacakan kontak atau untuk mengunggah dokumen terkait Covid-19.

5. Diversifikasi poin dan miles Anda
Bila Anda punya miles, maka bisa menukar penerbangan cadangan jika penerbangan pertama tidak bisa digunakan. Bahkan dengan miles, akan memberikan lebih banyak fleksibilitas seputar perubahan atau pembatalan penerbangan. Biasanya ini juga untuk mengetahui maskapai lain yang mengoperasikan rute jika Anda perlu memesan menit terakhir pada maskapai lain.

Baca juga: Baru Pertama Melancong Sendiri ke Luar Negeri? Simak Tips Berikut Ini

Untuk perjalanan selama masa pandemi ini, seorang pelancong bukan hanya memiliki rencana A dan B tetapi kini harus memiliki rencana C dan D. Sebab Anda memerlukan rencana cadangan untuk pengujian, karantina dan pulang secepatnya jika aturan mulai memperburuk situasi.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru