Monday, July 15, 2024
HomeDestinasiMau Hemat Pengeluaran Saat Melancong? Cek Tips Ini

Mau Hemat Pengeluaran Saat Melancong? Cek Tips Ini

Melancong menjadi hal yang menyenangkan, selain menunaikan hobi, ini juga bisa membuat seseorang mendapat pengalaman atau bertemu orang baru. Bahkan dengan melancong rasa penat yang mengganjal karena pekerjaan atau tugas setiap hari bisa terlepas dengan bebas.

Baca juga: Tak Mau Keluarkan Biaya Ekstra Karena Kelebihan Bagasi? Yuk Disimak Tipsnya! 

Biasanya saat pergi melancong, keuangan atau pengeluaran tak terduga pun kerap kali terjadi. Bahkan melebihi batas maksimum yang sudah disiapkan. Nah, KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, ini ada beberapa cara atau tips untuk melancong tanpa harus melebihi batas pengeluaran.

Buat rincian perjalanan secara detail
Sebelum melancong, seseorang harus menuliskan rencana perjalanan secara terperinci seperti budget yang akan dikeluarkan, transportasi yang digunakan hingga tempat wisata tujuan. Rincian perjalanan ini akan membantu Anda memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan. Jadi bila terlalu besar, Anda bisa melakukan penyesuaian agar lebih hemat.

Menginap di homestay atau losmen
Dengan budget terbatas, pilihlah homestay atau losmen untuk tempat menginap. Ini karena tarif per malamnya akan lebih murah dibandingkan jika menginap di hotel mewah. Pilihan ini pun sangat cocok untuk Anda yang hanya sekedar transit satu atau dua malam sebelum ke tujuan.

Menggunakan kupon diskon
Banyak sekali transportasi, penginapan ataupun tempat makan yang memberikan diskon. Dengan menggunakan kupon diskon atau kode promo yang diberikan, Anda akan lebih menghemat pengeluaran.

Rumah makan
Dari pada pergi ke restoran mewah, baiknya pilih rumah makan sederhana atau mencicipi kuliner negara maupun daerah yang Anda kunjungi. Biasanya makanan tersebut ada di lapak kecil atau warung makan yang harganya super terjangkau. Ini mungkin bisa menekan pengeluaran lebih banyak dibanding makan di restoran mewah.

Tidak bawa Oleh-oleh
Nah, hal ini sepertinya perlu dilakukan, karena dengan membawa oleh-oleh berarti ada pengeluaran lain yang harus dikeluarkan. Bila Anda melancong untuk mendapatkan suasana, pengalaman dan teman baru, biasanya buah tangan atau oleh-oleh baiknya tidak perlu dibelu. Kalaupun tetap ingin membeli, baiknya beli jauh dari tempat wisata karena harga bisa lebih murah.

Baca juga: 13 Tips Perjalanan Luar Negeri dengan Ransel

Perjalanan malam
Bisa dikatakan perjalanan malam cukup banyak menekan pengeluaran. Sebab dengan perjalanan malam, Anda tidak perlu mencari penginapan dan bisa tidur di dalam kereta, pesawat atau bus yang ditumpangi.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru